Luh Gede Eka Suary, Distribusi Lancar  

PASOKAN bumbu khususnya cabai dan bawang merah di Kabupaten Gianyar antara lain berasal dari luar daerah.

PASOKAN bumbu khususnya cabai dan bawang merah di Kabupaten Gianyar antara lain berasal dari luar daerah. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary mengatakan, walaupun ada pembatasan pergerakan orang di pelabuhan, distribusi pasokan bumbu khususnya cabai dan bawang merah dari luar daerah ke Gianyar relatif lancar.

Pasokan cabai dan bawang merah dari Jawa dan Lombok didistribusikan ke Bali melalui Pasar Galiran, Klungkung, selanjutnya disalurkan ke Gianyar. Ia mencontohkan cabai rawit menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru sempat menyentuh harga Rp 80.000 per kilogram. Setelah perayaan Tahun Baru, harga cabai rawit menyentuh Rp 50.000 per kilogram.  ’’Jumat (8/1) harga cabai rawit sudah turun menjadi kisaran Rp 15.000-Rp 20.000 dan bawang merah Rp 30.000-Rp 35.000 per kologram,” jelasnya.

Menurutnya, distribusi pasokan cabai petani lokal di pasar lokal juga relatif lancar. Hanya, produksi cabai rawit di petani lokal mengalami penurunan akibat musim penghujan. Ia berharap pembatasan pergerakan transportasi khususnya pengiriman barang tidak terganggu selama pelaksanaan PPKM Jawa-Bali.  “Persyaratan protokoler kesehatan sangat penting, namun diharapkan tidak mengganggu teknis pengiriman barang antardaerah ,” tegas Eka Suary. *kup

BAGIKAN