Luh Gede Eka Suary, Bangkitkan UMKM

PANDEMI Covid-19 berdampak pada turunnya usaha sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Luh Gede Eka Suary

PANDEMI Covid-19 berdampak pada turunnya usaha sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).  Oleh sebab itu, pemerintah terus berupaya  mendorong  UMKM terdampak Covid-19 untuk bangkit.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary  menyampaikan, banyak tantangan yang dihadapi pelaku UMKM di daerahnya di tengah pandemi ini. Beberapa masalah umum yang menghadang seperti keterbatasan modal, bahan baku, SDM, informasi pasar dan persaingan bisnis.

Ia mencontohkan masalah yang dihadapi perajin tenun cagcag yang terdampak pandemi Covid-19. Dekranasda Kabupaten Gianyar memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada perajin sebagai langkah membangkitkan kembali industri ini di tengah keterpurukan.

Pemerintah Kabupaten Gianyar terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong pengembangan UMKM. Ini juga sebagai upaya menumbuhkan perekonomian Gianyar. “Kami memiliki komitmen terus meningkatkan dan mendorong tumbuhnya UMKM di Kabupaten Gianyar. Sebab, UMKM memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dengan dukungan sektor pariwisata,” ucap Luh Gede Eka Suary. *kup

BAGIKAN