LPD Poh Santen Berikan Peluang Kredit untuk Tenaga Kerja ke Luar Negeri  

LPD Desa Adat Poh Santen Jembrana, memiliki berbagai program kredit untuk memberi kemudahan kepada masyarakat.

LPD Desa Adat Poh Santen Jembrana, memiliki berbagai program kredit untuk memberi kemudahan kepada masyarakat. Salah satunya program kredit untuk masyarakat yang ingin menjadi tenaga kerja ke luar negeri dengan suku bunga ringan.

Kepala LPD Desa Adat Poh Santen, I Gusti Ngurah Kade Wardana mengatakan, program kredit ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memerlukan biaya untuk bekerja ke luar negeri. Meski tidak begitu tinggi, minat masyarakat khususnya pemuda untuk bekerja ke luar negeri ada.

Biaya keberangkatan yang lumayan tinggi menjadi keterbatasan masyarakat, membuat LPD Desa Adat Poh Santen meluncurkan program ini. Plafon yang disediakan maksimal Rp100 juta dengan suku bunga 0,9 per bulan menetap.

Ia menjelaskan, kebutuhan biaya tersebut biasanya untuk kepengurusan tiket hingga nominal tabungan yang harus dimiliki tenaga kerja.

Guna mendapatkan program kredit ini, Gusti Kade mengatakan, calon nasabah membutuhkan surat keterangan dari agen keberangkatan serta kepengurusan surat-surat seperti visa dan paspor sudah terselesaikan. “Dengan syarat tersebut, calon nasabah bisa langsung mengajukan permohonan kredit yang selanjutnya, kredit akan cair jika syarat-syarat yang dibutuhkan sudah terverifikasi,” jelasnya.

Analisis pemberian kredit tetap dilakukan melalui berkas-berkas pengajuan serta profil calon nasabah. Di samping itu, LPD yang merupakan lembaga milik desa adat memiliki kedekatan dengan masyarakat, sehingga lebih memudahkan mengetahui profil tentang calon nasabah.

Masa pembayaran angsuran, menurut Gusti Kade, tergantung kesepakatan kontrak, dengan pilihan angsuran bulanan atau musiman. Jika memilih musiman waktu pembayaran bisa dipilih 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali.

Selain kredit untuk tenaga kerja ke luar negeri, LPD Desa Adat Poh Santen juga memiliki pogram kredit lainnya seperti kredit investasi. Suku bunga yang ditawarkan mencapai 1,1-1,2 persen per bulan. *wid

BAGIKAN