LPD Kesiman Rayakan HUT Ke-30, Berikan Pencapaian Terbaik di Tengah Pandemi Covid-19

LPD Desa Adat Kesiman merayakan HUT ke-30 pada Selasa (4/5) kemarin bertempat di Aula LPD setempat.

POTONG TUMPENG - Potong tumpeng dalam perayaan HUT ke-30 LPD Desa Adat Kesiman.

LPD Desa Adat Kesiman merayakan HUT ke-30 pada Selasa (4/5) kemarin bertempat di Aula LPD setempat. Dalam kegiatan yang berlangsung secara sederhana ini turut dipaparkan kinerja LPD Desa Adat Kesiman, yang meski di tengah pandemi Covid-19 masih tetap mampu memberikan pencapaian terbaik.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kepala LP-LPD dan Ketua BKS-Kota Denpasar, unsur kecamatan, desa adat dan desa dinas setempat serta undangan lainnya. Acara juga dibarengi dengan gebyar undian yang menyediakan hadiah utama satu unit mobil dan sepeda motor.

Kepala LPD Desa Adat Kesiman I Wayan Rayun pada sela-sela acara mengatakan, tujuan dilaksanakannya perayaan HUT ini juga untuk memaparkan kinerja dari tahun ke tahun yang hingga saat ini LPD Desa Adat Kesiman dalam kondisi sehat. “Tentu ini sebagai ungkapnya syukur kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Mudah-mudahan apa yang kita raih tetap bisa konsisten,” ungkapnya sembari mengatakan tujuan dari terselengaranya kegiatan ini juga untuk berdoa bersama agar ke depan LPD Desa Adat Kesiman bisa bangkit walau di tengah pandemi.

Terkait kondisi LPD Desa Adat Kesiman secara lebih luas, Rayun menyatakan pandemi memberi pengaruh terhadap kinerja LPD yang secara umum mengalami penurunan hingga 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebelum pandemi Covid-19. Namun, dari sisi pencapaian keuntungan (laba), LPD Desa Adat Kesiman tetap mampu meraih peringkat tertinggi se-Bali.

Ada pun aset yang dikelola LPD Desa Adat Kesiman saat ini telah mencapai Rp 315 miliar, kredit yang disalurkan sebanyak Rp 174 miliar dan dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun sebesar Rp 262 miliar.

Bendesa Adat Kesiman I Ketut Wisna dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pengurus, pengawas dan staf karyawan LPD Kesiman atas kinerjanya selama ini, meski di tengah pandemi Covid-19 tetap bisa berjalan dengan baik. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat desa adat setempat yang telah mendukung LPD Desa Adat Kesiman sehingga banyak prestasi telah didapatkan. “Mari kita bersama bekerja sama untuk membuat LPD Desa Adat Kesiman kian berkembang,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa mengungkapkan, keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali sebagai lembaga perekonomian desa telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.  Begitu juga di Kota Denpasar, keberadaan LPD memiliki peran dan manfaat bagi pembangunan sebuah desa adat. “LPD memberi banyak manfaat dalam kegiatan sosial dan budaya, apalagi ditunjang dengan berbagai inovasi. Ini merupakan langkah kreatif dan inovatif pengembangan LPD di era modern,” terngnya.

Arya Wibawa mengaku sangat bangga kepada LPD Desa Kesiman karena setiap tahun selalu memiliki sebuah inovasi dalam memajukan LPD dan kesejahteraan masyarakat Kesiman. Meskipun di masa pandemi saat ini, LPD Kesiman masih mampu eksis dan berinovasi memajukan perekonomian masyarakat. *adv

BAGIKAN