LPD Iseh Upayakan Manfaat untuk ”Krama”

SEJAK beroperasi kembali pada tahun 2016 lalu, LPD Desa Adat Iseh, Kecamatan Sidemen, Karangasem telah mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.

LPD – Aktivitas layanan di LPD Desa Adat Iseh.

SEJAK beroperasi kembali pada tahun 2016 lalu, LPD Desa Adat Iseh, Kecamatan Sidemen, Karangasem telah mampu memberikan manfaat kepada masyarakat. Selama 3 tahun keaktifannya, LPD Desa Adat Iseh saat ini telah memiliki aset Rp3,6 miliar.

Kepala LPD Desa Adat Iseh, I Nyoman Rembun mengatakan, keberadaan LPD Desa Adat Iseh saat ini telah mampu memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Seperti pemberian santunan kematian untuk masyarakat sebesar Rp300.000 per orang. Selain itu, pihaknya juga memberikan perhatian kepada dunia pendidikan dengan memberikan dana motivasi kepada sekolah TK dan SD di wilayah Desa Adat Iseh.

“Kami juga memberikan suvenir kepada masyarakat untuk memberikan manfaat secara langsung serta menarik minat dan kepercayaan masyarakat dengan LPD,” ungkapnya.

Ia menceritakan, pada awal membangkitkan LPD 3 tahun lalu, pihaknya berusaha meyakinkan masyarakat jika LPD Desa Adat Iseh mampu menjadi lembaga keuangan yang dapat dipercaya untuk masyarakat menempatkan dananya. “Di awal pendirian waktu itu kami berenam berusaha semaksimal mungkin untuk mengembalikan sedikit demi sedikit kepercayaan masyarakat. Dengan dukungan masyarakat dan bendesa adat, membuat LPD Desa Adat Iseh bisa berkembang seperti saat ini,” katanya sembari mengatakan, saat itu pihaknya rela tidak digaji selama 1,5 tahun lamanya.

Dalam upaya terus mengembangkan keberadaan LPD Desa Adat Iseh, I Nyoman Rampun mengatakan, tahun 2020 mendatang, pihaknya merencanakan pembangunan gedung baru. Hal tersebut dilakukan untuk kembali meyakinkan masyarakat jika LPD Desa Adat Iseh mampu dipercaya. Demikian juga pembangunan gedung baru dikatakannya akan menambah antusias masyarakat untuk menabung ataupun meminjam di LPD. Tidak mau ketinggalan, LPD Desa Adat Iseh juga telah menggunakan teknologi digital dalam operasional dan pelayanannya yang bekerja sama dengan PT Ussi. Ke depan, diharapkan masyarakat bisa terus dan lebih antusias memanfaatkan LPD dalam urusan kebutuhan ataupun penempatan dana. Karena makin berkembangnya LPD, makin banyak pula manfaat yang didapatkan masyarakat. *wid

BAGIKAN