LPD Desa Adat Bondalem Luncurkan KPR Bersubsidi

LPD Desa Adat Bondalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng makin menunjukkan eksistensinya dalam pengelolaannya.

LPD Desa Adat Bondalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng makin menunjukkan eksistensinya dalam pengelolaannya. Hal itu terbukti dari upaya memaksimalkan pelayanan kepada krama dengan melahirkan berbagai macam produk-produk inovatif dari LPD yang berujung pada kesejahteraan krama nantinya.

Selain gedung LPD yang kini sudah representatif, di mana baru saja diresmikan 20 November 2019 lalu. LPD Desa Adat Bondalem juga memiliki puluhan produk kredit dan tabungan yang mampu menarik antusiasme krama dalam bertransaksi di LPD.  Salah satu di antaranya adalah KPR bersubsidi. Kredit ini dipertunjukkan kepada krama desa yang ingin memiliki hunian atau rumah.

Lalu bagaimana metodenya? Kepala LPD Desa Adat Bondalem, Nyoman Sarjana, S.E., menjelaskan, KPR bersubsidi ini diperuntukkan pada krama desa khususnya yang tidak terpenuhi pesyaratannya di bank, dengan syarat yang tentu lebih mudah. Hanya dengan bunga mulai 1,2 persen, LPD Desa Adat Bondalem

memberikan flafon maksimal Rp100 juta dengan jangka waktu 10 tahun. “Kami memang memiliki produk yang mem-backup pembiayaan masyarakat yang ingin mencari KPR bersubsidi. Sejauh ini sudah ada 5 orang yang tercatat sebagai nasabah kredit KPR.

Sarjana menambahkan, peminat KPR terbilang tinggi. Oleh karena itu, diharapkan ke depan produk kredit KPR ini mampu menjadikan masyarakat lebih sejahtera. “Pokoknya bagaimana krama desa Bondalem makin sejahtera ke depannya. Kita optimalkan pelayanan untuk krama,” katanya.

Selain itu pihaknya menjelaskan, sebagai lembaga keuangan di desa persoalan kredit bermasalah pasti menjadi salah satu tantangan. Kendati demikian, pihaknya mengaku hal tersebut sudah dapat ditangani dengan baik bersama-sama dengan pengurus LPD. “Kita lakukan penjajakan dan memberikan solusi bagi krama,” katanya. *ira

BAGIKAN