LPD Celuk Serahkan Dana Pembangunan Rp 1,4 Miliar

LPD Desa Adat Celuk, Gianyar menyampaikan pencapaian laba akhir tahun 2019 sebesar Rp 7,2 miliar.

Kepala LPD Desa Adat Celuk I Wayan Samarata (kanan)  menyerahkan dana pembangunan ke Bendesa Adat.

Gianyar (bisnisbali.com) –LPD Desa Adat Celuk, Gianyar menyampaikan pencapaian laba akhir tahun 2019 sebesar Rp 7,2 miliar. Dengan demikian dana pembangunan (20 persen dari laba) yang diserahkan ke desa adat sebesar Rp 1,4 miliar.

Kepala LPD Desa Adat Celuk I Wayan Samarata saat ditemui di ruangannya, mengatakan, pencapian keuangan LPD tersebut telah disampaikan kepada masyarakat dalam laporan pertanggung jawaban (LPJ) yang digelar 15 Fbruari lalu.

Dijelaskannya, pencapaian laba tahun 2019 mencapai 109,41 persen dari yang ditargetkan. Demikian dibandingkan tahun 2018, pencapaian laba juga mengalami peningkatan 11,92 persen. “Tahun 2018 tercatat pencapaian laba hanya Rp 6,4 miliar,” ungkapnya.

Sampai akhir 2019, aset yang dikelolan LPD Desa Adat Celuk mencapai Rp 180,2 miliar. Nilai tersebut mengalami peningkatan 14,44 persen dari aset 2018. Dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun Rp 47,9 miliar berupa tabungan dan Rp 92,2 miliar berupa deposito. Sementara kredit yang disalurkan mencapai Rp 134,5 miliar. Serta modal yang dimiliki telah mencapai Rp 39,8 miliar.

Samarata mengatakan, LPJ yang digelar di Wantilan Desa Adat Celuk, beberapa waktu lalu juga dirangkaikan dengan gebyar penarikam undian berhadiah yang mengundi 3 unit sepeda motor sebagai hadiah utama. Acara tersebut juga dirangkaikan dengan perayaan HUT ke-29 LPD Desa Adat Celuk.

Dalam kesempatan tersebut, LPD Desa Adat Celuk memberikan dana motivasi kepada kelompok masyarakat, seperti sekeha teruna, Jro Mangku serta organisasi olah raga yang ada di Desa Adat Celuk. Dijelaskannya, LPD Desa Adat Celuk didukung oleh 1 banjar 426 KK. Dukungan masyarakat untuk memanfaatkan program-program LPD sangat tinggi. “ Dukungan tersebut diharapkan terus meningkat untuk perkembangan LPD Desa Adat Celuk kedepannya,” ucap Wayan Samarata. *wid

BAGIKAN