LPD Batuyang Fasilitasi “Piodalan” di “Kahyangan Tiga”

SESUAI dengan tujuannya memberikan kesejahteraan dengan meringankan beban masyarakat, LPD Desa Adat Batuyang terus melakukan kontribusi terhadap kegiatan di desa adat.

SESUAI dengan tujuannya memberikan kesejahteraan dengan meringankan beban masyarakat, LPD Desa Adat Batuyang terus melakukan kontribusi terhadap kegiatan di desa adat. Selain memberikan rutin dana pembangunan yaitu 20 persen dari laba, LPD Desa Adat Batuyang juga memfasilitasi penyelenggaraan piodalan di Pura Kahyangan Tiga dengan menggarkan sejumlah dana per tahunnya.

Kepala LPD Desa Adat Batuyang, I Wayan Sucipta saat ditemui belum lama ini mengatakan, dana yang diberikan kepada Pura Kahyangan Tiga setiap tahunnya berbeda-beda. Aturannya sesuai harga babi saat itu. Tahun ini dikatakannya jumlah dana yang digelontorkan untuk pelaksanaan piodalan mencapai Rp210 juta.

“Di Desa Adat Batuyang menyelenggarakan piodalan pada Pura Kahyangan Tiga dua kali dalam setahun di masing-masing Kahyangan Tiga. 2 kali di Pura Dalem dan 2 kali di Pura Desa dan Puseh,” ungkapnya.

Jadi, kata Sucipta, dalam setahun Desa Adat Batuyang menyelenggarakan 4 kali piodalan khusus untuk Pura Kahyangan Tiga. Untuk tahun ini anggaran masing-masing pura mencapai Rp52 juta, sehingga jika ditotal tahun ini anggaran untuk penyelenggaraan piodalan di Pura Kahyangan Tiga mencapai Rp210 juta.

Di samping itu, LPD Desa Adat Batuyang juga mendukung penyelenggaraan ngaben massal yang digelar 3 tahun sekali. Hal ini juga menjadi program rutin yang setiap tahunnya LPD Desa Adat Batuyang menyisihkan 40 persen dari dana sosial untuk mendukung penyelenggaraan ngaben massal. Tahun 2017 lalu dikatakannya, dana yang digelontorkan untuk mendukung upacara ngaben massal sebesar Rp77 juta.

Selanjutnya, LPD Desa Adat Batuyang juga mendukung penyelenggaraan piodalan di masing-masing banjar dengan memberikan bantuan sesuai jumlah KK. Dihitung per KK mendapatkan Rp50.000 per tahun, sehingga total dari jumlah KK dikalikan Rp50.000 menjadi totoal bantuan yang digelontorkan LPD ke banjar-banjar. Selain itu, LPD Desa Adat Batuyang memberikan insentif kepada pemangku dan para prajuru adat termasuk tukang-tukang yang ada. Termasuk kelompok kesenian masyarakat, seperti sekaa gong dan sebagainya juga mendapatkan bantuan dari LPD Batuyang setiap tahunnya. *wid

BAGIKAN