LPD Ambengan Gelar Laporan Tutup Buku Tahun 2019

LPD Desa Adat Ambengan, Buleleng menggelar laporan pertanggungjawaban tutup buku tahun 2019, Jumat (17/1) bertempat di Gedung Lantai II LPD Desa Adat Ambengan.

TUTUP BUKU - Pelaksanaan laporan tutup buku LPD Desa Adat Ambengan di Gedung Lantai II LPD Desa Adat Ambengan, Jumat (17/1).

LPD Desa Adat Ambengan, Buleleng menggelar laporan pertanggungjawaban tutup buku tahun 2019, Jumat (17/1) bertempat di Gedung Lantai II LPD Desa Adat Ambengan. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Koordinator Lembaga Pemberdayaan (LP)  LPD Kabupaten Buleleng, Bendesa Adat Ambengan, unsur desa adat dan desa dinas serta masyarakat setempat.

Di sela-sela acara, Kepala LPD Desa Adat Ambengan, I Made Nyiri Yasa, S.Sos., M.MA., mengatakan, pelaksanaan pelaporan tutup buku merupakan kewajiban LPD untuk dilakukan setiap tahunnya. Termasuk laporan tutup buku tahun 2019 ini. Khususnya di Kabupaten Buleleng, LPD Desa Adat Ambengan menjadi LPD pertama yang melaksanakan laporan tutup buku pada tahun 2020 ini.

Terkait hasil pencapaian akhir tahun 2019, Nyiri Yasa mengatakan, aset yang dimiliki LPD Desa Adat Ambengan mencapai Rp39,2 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya (2018) termasuk laba yang telah sesuai dengan target.

Terhadap program-program pada 2020, Nyiri Yasa mengatakan akan segera meluncurkan program kredit simpanan berjangka, yang mana program ini akan memberikan akses kredit kepada masyarakat dengan agunannya bisa menggunakan simpanan berjangka. “Untuk program ini kita bisa melayani permintaan kredit dengan hitungan menit, karena agunan sudah tersedia. Dengan program ini simpanan yang dimiliki masyarakat tidak akan habis, namun perekonomiannya tetap bergerak,” katanya.

Selain itu, LPD Desa Adat Ambengan juga memiliki berbagai program tabungan lainnya seperti Tariah (tabungan arisan berhadiah), Tasubela (tabungan sukarela berhadiah langsung), simpanan lanjut belajar dan lain-lain.

Sementara itu, Koordinator LP-LPD Kabupaten Buleleng Drs. I Nyoman Indrayasa mengatakan, berdasarkan hasil audit kesehatan, LPD Desa Adat Ambengan menjadi LPD kategori sehat dengan skor 92,87 persen. Demikian juga dari tingkat risiko juga memiliki risiko rendah. *wid

BAGIKAN