Penyemprotan disinfektan di wilayah Desa Adat Ambengan.

Singaraja (Bisnis Bali) – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Desa Adat Ambengan, Buleleng, menggelar penyemprotan disinfektan ke seluruh wilayah, baik tempat umum hingga ke rumah masyarakat. Terkait hal tersebut, LPD Desa Adat Ambengan menganggarkan Rp20 juta untuk kegiatan berlanjut.

Kepala LPD Desa Adat Ambengan Made Nyiri Yasa, S.Sos, M.MA di sela-sela kegiatan yang digelar pada Sabtu (28/3) mengatakan, bersama dengan lembaga keuangan lain, prajuru adat, pemerintah desa serta masyarakat pihaknya bersinergi untuk melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi wabah Covid-19. Selain menyumbang disinfektan, LPD Desa Adat Ambengan juga menyumbang masker dengan prioritas diberikan kepada masyarakat yang bertugas dalam penyemprotan. Ada sekitar 240 pcs masker yang disiapkan.

“Ke depan jika penyemprotan ini kembali dilakukan, kami siap menyedikan berapa pun kebutuhan disinfektan,” ujarnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Ambengan I Gede Subrata, mengatakan, penyemprotan disinfektan ini dilakukan secara menyeluruh baik di tempat umum hingga rumah masyarakat yang masuk ke gang-gang. Desa Ambengan terdiri dari 1 desa adat dan 1 desa dinas dengan ada sekitar 61 gang. Selain LPD Desa Adat Ambengan, kegiatan ini juga didukung oleh koperasi serta desa adat yang menyumbang Rp2 juta.

Kelian Desa Adat Ambengan Jro Gede I Wayan Puger, berharap kegiatan ini bisa bermanfaat. Selain penyemprotan disinfektan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, mulai dari sosial atau physical distancing, rajin mencuci tangan, penerapan hidup bersih dan sehat, imbauan untuk tidak sering keluar rumah dan sebagainya.

“Kita berusaha apa pun imbauan yang diberikan pemerintah, kita laksanakan dan sosialisasikan kepada masyarakat,” ungkapnya. *wid

BAGIKAN