Lolos Verifikasi, DTW Taman Nusa Kantongi Sertifikat Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru

 

Gianyar (Bisnis Bali.com)
Taman Nusa daya tarik wisata (DTW) Gianyar di Desa Sidan telah menyiapkan fasilitas untuk memasuki tatanan kehidupan normal baru. GM Taman Nusa, Nyoman Murjana Selasa (22/7) mengatakan setelah melalui proses dan lolos verifikasi Taman Nusa bisa mengantongi sertifikat protokol tatanan kehidupan era baru usaha pariwisata.

Diungkapkannya, proses verifikasi dilakukan dari pintu masuk menuju lobby, tiketing, gedung daun sirih, kampung budaya serta restoran & cafetaria dan juga area karyawan.
Ia menjelaskan tim verifikasi mewajibkan Taman Nusa mengikuti pedoman yang wajib diterapkan oleh Daya Tarik Wisata (DTW) dalam era new normal. Ini mulai dari fasilitas yang tersedia untuk pencegahan covid-19, himbauan dan SOP protokol kesehatan agar implementasinya sesuai dengan yang dilakukan di lapangan.
Murjana memaparkan sesuai pedoman verifikasi Taman Nusa diantaranya telah menyediakan sarana pencegahan Covid -19, seperti poster himbauan protokol kesehatan, melakukan penyemprotan dengan standar disinfektan secara berkala, selalu menggunakan masker. SDM Taman Nusa diwajibkan menggunakan pelindung wajah
dan tetap memperhatikan social distancing atau jaga jarak.
Dengan dilakukan verifikasi kesiapan new normal untuk seluruh DTW di Gianyar dan khususnya Taman Nusa. Nantinya daerah Gianyar sebagai sentra seni dan budaya akan lebih dipercaya wisatawan maupun agen perjalanan wisata bahwa destinasi wisata Gianyar dan khususnya Taman Nusa telah menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.
“Kami sangat berterima kasih dengan tim verifikasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dengan adanya verifikasi ini, kami seluruh managemen dan karyawan Taman Nusa dengan percaya diri dan optimis akan segera beroperasi dan menyambut kembali wisatawan untuk menjelajah Indonesia di Taman Nusa, Gianyar, Bali ,”ungkap Nyoman Murjana , GM Taman Nusa
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A.A. Gde Putrawan pada kesempatan menyerahkan sertifikat Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Usaha Pariwisata di Taman Nusa menjelaskan proses verifikasi DTW antara lain didasarkan pada SE Gubernur Bali Nomor 3355 Tahun 2020 Tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru. Berdasarkan SE tersebut, destinasi wisata di Bali akan dibuka secara bertahap.
Dibukanya DTW wajib dibarengi dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti di Kabupaten Gianyar DTW yang di kelola pemerintah maupun di kelola swasta sebelum di buka wajib melalui proses verifikasi. ” Sertifikat ini membuktikan bahwa Taman Nusa sudah benar-benar siap menerapkan protokol kesehatan ,” ucap AA. Putrawan.
Taman Nusa akan segera dibuka kembali pada Senin 3 Agustus 2020 untuk umum dengan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti pembatasan jumlah pengunjung dan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk pengunjung. ⁣⁣⁣⁣
Nyoman Murjana menambahkan masyarakat dan wisatawan ingin berkunjung ke DTW Taman Nusa wajib untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Ini meliputi kebiasaan era baru untuk tetap jaga jarak, wajib menggunakan masker dan sering mencuci tangan.
Taman Nusa antara lain menampilkan perjalanan waktu bangsa Indonesia dari masa ke masa, dari Masa Prasejarah, Masa Perunggu, Masa Kerajaan, Kampung Budaya, Indonesia Awal, Indonesia Merdeka, sampai ke Indonesia Masa Depan. Di Masa Kerajaan, pengunjung dapat menikmati kemegahan salah satu mahakarya dunia yaitu replika Candi Borobudur, dimana pengunjung dapat naik ke stupa tingkat atas dan merasakan seperti berada di Candi Borobudur aslinya di Jawa Tengah. Didalam Kampung Budaya, terdapat lebih dari 60 bangunan tradisional, dimana beberapa rumah tradisional di Kampung Budaya ada yang sudah berusia puluhan tahun, bahkan ratusan tahun.*

BAGIKAN