Libur Natal dan Tahun Baru, Bank di Tabanan Siapkan Uang Tunai Miliaran Rupiah

Menghadapi libur panjang hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), sejumlah lembaga keuangan di Kabupaten Tabanan telah mengantisipasi dengan menyiapkan uang tunai hingga miliaran rupiah.

ANTISIPASI – Bank di Tabanan mengantisipasi lonjakan transaksi konsumen khususnya di ATM pada libur Natal dan Tahun Baru.

Tabanan (bisnisbali.com) – Menghadapi libur panjang hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), sejumlah lembaga keuangan di Kabupaten Tabanan telah mengantisipasi dengan menyiapkan uang tunai hingga miliaran rupiah. Kesiapan tersebut guna mengantisipasi lonjakan transaksi konsumen khususnya di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada hari libur dan saat layanan terbatas berkaitan dengan momen Nataru.

Pimpinan BRI Kantor Cabang Tabanan Pranathan Triatmojo di Tabanan, Selasa (22/12) kemarin, mengungkapkan menghadapi momen Nataru nanti sudah dilakukan antisipasi sehingga kebutuhan nasabah akan uang tunai tercukupi dengan baik. Antisipasi tersebut salah satunya menyiapkan uang untuk kas ATM hingga Rp 4 miliar dan ditambah dukungan atau kesiapan oleh vendor untuk pengisian uang tunai di ATM. “Bercermin dari antisipasi tersebut, maka peningkatan transaksi nasabah di ATM akan terjamin tercukupi dari awal Natal hingga pergantian tahun nanti,” tuturnya.

Dikatakannya, untuk kebutuhan transaksi keuangan, nasabah juga bisa memanfaatkan layanan digital dan e-channel. Selain itu, nasabah dapat memanfaatkan layanan untuk setor-tarik tunai yang dilakukan melalui lebih dari 1.500 Agen BRILink yang ada di Kabupaten Tabanan saat ini.

Layanan transaksi langsung di BRI Tabanan akan libur pada 25 Desember 2020 serta 1 dan 2 Januari 2021. Sementara pada 24 Desember, 26 Desember, 27 Desember, 31 Desember hanya akan melayani untuk operasional terbatas. Yang dilayani  meliputi pembukaan rekening simpanan, penarikan dan setoran ke rekening simpanan, layanan setoran pinjaman, setoran penerimaan negara, pick up service dan layanan complaint handling (termasuk penanganan kartu tertelan, enable kartu ATM  dan reissue PIN). “Kesiapan itu pula yang mungkin memengaruhi transaksi nasabah yang masih berlangsung normal saat ini atau tidak ada peningkatan transaksi khususnya penarikan dana menjelang libur Nataru,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang nasabah perbankan I Gusti Putu Ekayana mengungkapkan, secara umum libur panjang dan layanan terbatas yang diberikan kalangan perbankan pada momen Nataru tidak akan menghambat kebutuhan transaksi keuangan. Sebab, saat ini selain bisa memanfaatkan ATM, lembaga keuangan sudah menyediakan beragam fasilitas layanan transaksi, sehingga tidak sertamerta harus dilakukan nasabah dengan datang langsung ke bank.

“Di sisi lain saat ini nasabah tampaknya juga sudah sangat familiar memanfaatkan layanan secara online melalui handphone. Jadi, saat libur panjang kalangan perbankan tidak akan menghambat kebutuhan transaksi keuangan nasabah,” papar Kepala Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Tabanan yang sekaligus Sekretaris TPID Kabupaten Tabanan ini.*man

BAGIKAN