Libur Lebaran, Wisata ke Nusa Penida  Meningkat

MOMEN libur Lebaran, Nusa Penida menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

MENINGKAT - Suasana penyeberangan di Sanur. Pada libur Lebaran kali ini terjadi peningkatan penyeberangan Sanur-Nusa Penida serta peningkatan permintaan paket liburan.

MOMEN libur Lebaran, Nusa Penida menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Terbukti pada libur panjang kali ini terjadi peningkatan penyeberangan Sanur-Nusa Penida serta peningkatan permintaan paket liburan.

STAF KSOP Kelas II Benoa Wilayah Kerja Sanur, Agus Prio, saat ditemui di Sanur, Minggu (16/5), mengatakan pada momen libur Lebaran ini, jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan Sanur-Nusa Penida mengalami peningkatan 50 persen dibandingkan hari-hari biasa. Pergerakan jumlah penumpang dikatakannya sudah mulai terjadi pada Rabu (12/5) lalu. “Puncaknya, mungkin sore nanti penumpang akan ramai khususnya untuk arus balik,” ujarnya.

Di tengah libur Lebaran ini ada sekitar tiga tambahan armada yang beroperasional. Pada hari-hari biasa di tengah pandemi Covid-19 jumlah armada yang beroperasi kata Agus Prio sekitar 5-7 armada. Sementara kali ini ada sekitar 10 armada yang beroperasi.

Meski demikian, Agus Prio mengatakan, dibandingkan momen libur Lebaran sebelum pandemi Covid-19, jumlah kenaikan penumpang saat ini masih jauh. “Biasanya kalau sudah libur lebaran, jumlah armada yang beroperasional mencapai 20 unit,” ungkapnya.

Sementara itu, dilihat dari tingkat hunian, salah seorang pemilik plat form travel agent khusus wilayah Nusa Penida I Putu Krisna, mengatakan, ada kenaikan permintaan paket liburan sekitar 30 persen dibandingkan hari-hari biasa di tengah pandemi Covid-19 ini. Pergerakan dikatakannya sudah mulai sejak 10-15 Mei yang kebanyakan wisatan lokal ataupun domestik.

Krisna mengatakan, pada plat form yang dimilikinya, pilihan wisatawan didominasi oleh paket liburan. “Pelanggan kebanyakan langsung pilih paket staycation yang termasuk tiket boat dan sewa motor. Di samping tirtayatra juga banyak,” terangnya.

Pada momen libur Lebaran ini, pihaknya memberikan promo khusus untuk wisatawan yang memilih paket liburan 2 hari satu malam. *wid

BAGIKAN