Laporan Tutup Buku 2019, LPD Tangkas Ajak Masyarakat Ikuti Jalan Sehat

LPD Desa Adat Tangkas, Klungkung menggelar laporan pertanggung- jawaban (LPJ) tutup buku tahun 2019  yang mengambil tempat di Wantilan Desa Adat Tangkas.

SERAHKAN - Pemucuk LPD Desa Adat Tangkas, I Nyoman Sudarma (kanan)  menyerahkan dana pembangunan kepada bendesa adat.

Semarapura (bisnisbali.com) –LPD Desa Adat Tangkas, Klungkung menggelar laporan pertanggung- jawaban (LPJ) tutup buku tahun 2019  yang mengambil tempat di Wantilan Desa Adat Tangkas. LPJ diawali dengan jalan sehat bersama masyarakat serta dirangkaikan pula dengan penarikan undian berhadiah dengan hadiah utama 2 unit sepeda motor.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Klungkung, Koordinator LP-LPD Kabupaten Klungkung, Bendesa Adat, Kelian Banjar serta rekanan LPD Desa Adat Tangkas. Dalam acara tersebut juga disertai dengan pengobatan gratis yang bekerja sama dengan RSU Permata Hati serta dimeriahkan dengan berbagai hiburan.

Pemucuk (Kepala) LPD Desa Adat Tangkas, I Nyoman Sudarma, dalam laporannya menyampaikan, perolehan laba LPD Desa Adat Tangkas hingga akhir tahun 2019 mencapai Rp1,3 miliar.  Nilai tersebut mengalami peningkatan 16,6 persen dibandingkan tahun 2018. Demikian aset yang dimiliki mencapai Rp52,2 miliar dengan dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun Rp20,8 berupa tabungan dan Rp21,8 berupa tabungan berjangka serta modal Rp8 miliar. Sementara kredit yang disalurkan mencapai Rp28,5 miliar. “Dana pembangunan yang mampu kami serahkan kepada desa adat pada tahun ini mencapai Rp262 juta,” ungkapnya sembari mengatakan jika pra LPJ sudah dilakukan dan disetujui oleh prajuru adat sebelum LPJ ini digelar.

Sudarma menjelaskan, antusias masyarakat kepada LPD Desa Adat Tangkas sangat tinggi yang 90 persen masyarakat telah memanfaatkan LPD dalam setiap kebutuhan dana ataupun menyimpan dana. Dalam kesempatan ini pihaknya juga menyerahkan bantuan sosial terutama untuk lembaga-lembaga di desa adat, pemangku, serati, hingga ke banjar-banjar dalam bentuk dana sosial. Termasuk pula pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi serta bentuk kegiatan sosial lainnya.

Sementara itu Bendesa Adat Tangkas, I Made Purnama mengatakan, peran LPD Desa Adat Tangkas sangat luar biasa. Saat ini dikatakannya masyarakat  dibebaskan dari urunan untuk kegiatan piodalan di pura-pura melalui dukungan dana yang diberikan LPD serta dana lainnya. Demikian juga kontribusi LPD kepada masyarakat dengan pemberian beasiswa, dana sosial untuk lembaga-lembaga yang ada di masyarakat termasuk perhatian kepada masyarakat lansia dan masyarakat sudah dijalankan. “Dan yang paling membantu yaitu program kegiatan pitra yadnya mengajak masyarakat berinvestasi di awal Rp1 juta per KK sekali seumur hidup untuk penyelenggaraan ngaben massal gratis,” jelasnya.

Purnama menjelaskan,  LPD Desa Adat Tangkas sangat berperan dalam pelestarian adat, agama dan budaya masyarakat khususnya di Desa Adat Tangkas.  Ke depannya dia berharap keberadaan LPD Desa Adat Tangkas makin ajeg sehingga manfaat yang diberikan kepada masyarakat kian meningkat.  *wid

BAGIKAN