Lansia Diberi Vaksin Influenza

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra membuka Gebyar Integrasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan serta pemberian Vit A yang dirangkaikan dengan kegiatan gebyar Sinkronisasi dan Harmonisasi Hatinya PKK

LANSIA - Kegiatan gebyar Sinkronisasi dan Harmonisasi Hatinya PKK yang diprakarsai oleh Pemprov Bali,  di Wantilan Jaba Pura Dalem Kangin, Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang.

Gianyar (bisnisbali.com)-Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra membuka Gebyar Integrasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan serta pemberian Vit A yang dirangkaikan dengan kegiatan gebyar Sinkronisasi dan Harmonisasi Hatinya PKK yang diprakarsai oleh Pemprov Bali,  di Wantilan Jaba Pura Dalem Kangin, Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang.

Pemerintah Daerah Provinsi Bali melakukan berbagai upaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif melalui pendekatan yang tepat, terkoordinasi, terpadu secara teknis dan manajerial di Desa Tegalalang, Gianyar. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pembinaan kesehatan lansia melalui pemberian vaksinasi influenza kepada 100 orang lansia untuk mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif dari Bali untuk Indonesia.

Beberapa hal penting mengapa orang lansia perlu diberikan imunisasi yaitu karena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi saat ini belum musnah didunia. Vaksinasi dapat membuat lansia tetap sehat seperti halnya diet dan olah raga termasuk pencegahan terhadap komplikasi akibat influenza yang sering terjadi pada kelompok berisiko tinggi,salah satunya lansia di atas 65 tahun.

Kegiatan diawali dengan penebaran benih ikan oleh Ny. Adnyani Mahayastra didampingi Wakil ketua 1 TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Diana Dewi Agung Mayun, Wakil Ketua 2 Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya, dan beberapa kepala OPD terkait di aliran sungai Subak Kelabang Moding Desa Tegallalang. Ini dilanjutkan peninjau pelaksanaan IVA tes di Puskesmas Tegalalang 1, pemberian Vit A bagi bayi, pemberian obat cacing untuk balita, pemberian PMT, pemberian vaksin influensa dan pemberian paket bantuan berupa paket sembako untuk 50 orang lansia, pemberian baju kaos untuk 50 orang lansia dan bantuan kursi roda untuk lansia.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga menjelaskan,  Februari ini merupakan bulan Vit A dan obat cacing, di mana dalam kegiatan ini dirangkaikan dengan sinkronisasi dan harmonisasi Hatinya PKK. Di samping itu juga diisi dengan kegiatan sosialisasi tentang lansia tangguh oleh DP3AP2KB Kabupaten Gianyar dan sosialisasi tentang pentingnya vaksin Influensa bagi lansia dari PT Sanofi.

Vaksin influensa memang baru pertama kali diberikan pada lansia. Perlu ada sosialisasi terkait manfaat vaksin tersebit bagi para lansia. “Namun yang penting harus diketahui, vaksin ini akan memberikan kekebalan tubuh sehingga lansia terhindar dari beberapa penyakit,” terang Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Selain pemberian vaksin, juga diadakan senam lansia dan yoga untuk lansia.

Menurut istri dari Bupati Gianyar Made Mahayastra ini, inti dari kegiatan dari kegiatan untuk lansia ini adalah bagaimana membuat para lansia kita tetap sehat dan mandiri di usianya sekarang ini.

Serangkaian dengan sinkronisasi dan harmonisasi Hatinya PKK yang merupakan program pokja III disinergikan dengan program Puspa Aman (Pusat Pangan Alami dan Aman). Dalam program ini Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga berkesempatan mengunjungi beberapa rumah contoh dan rumah imbas Hatinya PKK, sembari menyerahkan bantuan beberapa bibit tanaman dan sayur sayuran.

Salah satunya mengunjungi rumah Dewa Gde Agung Purnawan, dan Dewa Gede Yadnya yang merupakan KK imbas.

Sementara itu, kepala Dinas Provinsi Bali yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan,dr. Kadek Iwan Darmawan, M.Kes., sangat mengapresiasi kegiatan Gebyar Integrasi Pemantauan Pertumbuhan dan perkembangan serta pemberian Vit A. Tidak dipungkiri, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Apalagi kata dr. Iwan Darmawan dalam kegiatan ini semuanya terintegrasi dengan baik, seperti ada pemeriksaan kesehatan gratis, senam ibu hamil, posyandu hingga pemberian vaksin influensa bagi lansia. Dirinya berharap semoga kedepannya dapat selalu ditingkatkan dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas.*kup

BAGIKAN