Kuswibowo Herikristanto, Tenaga Kerja Lokal

PELAKSANAAN proyek pemerintah seperti renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar di tengah pandemi Covid-19.

PELAKSANAAN proyek pemerintah seperti renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar di tengah pandemi Covid-19. Sebab, pengerjaan proyek stadion untuk menghadapi Piala Dunia U-20 itu antara lain melibatkan tenaga kerja lokal.

Manajer  Administrasi Perusahaan Pelaksana (PP) Proyek Renovasi Stadion Bali, Kuswibowo Herikristanto, mengungkapkan pengerjaan proyek pemerintah memberikan multiplier effect terhadap daerah sekitar karena masyarakat dilibatkan. Ia mencontohkan pengerjaan renovasi Stadion Kapten Wayan Dipta dilaksanakan sekitar 100 pekerja, termasuk pekerja lokal sebagai security dan pekerja harian lepas. “Pekerja lokal dilibatkan sesuai kebutuhan,’’  jelasnya.

Tidak hanya sebagai pekerja, masyarakat lokal juga bisa menawarkan makanan dan minuman untuk pekerja. “Ini diharapkan menggerakkan ekonomi daerah sekitar,” ujarnya seraya menyebut walaupun di tengah pandemi Covid-19, aktivitas proyek tetap berjalan secara normal.

Menurutnya, semua pekerja menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Pekerja proyek juga selalu mengedepankan keselamatan kerja. Setiap pagi sebelum bekerja dilakukan pengarahan tentang sistem dan keselamatan kerja serta pengecekan alat demi keamanan dan berfungsi optimal. *kup

BAGIKAN