Denpasar (Bisnis Bali) –Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bali sampai saat ini dalam kondisi yang bagus, di mana dana terserap ke segala sektor usaha. Kendati demikian, penyaluran KUR dengan bunga 7 persen saat ini diharapkan tidak hanya dilihat dari jumlah nominal yang tersalurkan saja namun bagaimana dana KUR yang diterima debitur bisa meningkatkan kinerja perekonomian.

Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra di sela-sela Rapat Pleno TPAKD Bali dan Launching www.kurbali.com di Gedung OJK Regional 8 Bali Nusra, Jumat (6/12) mengatakan, dana KUR yang sudah tersalur harus memiliki kinerja yang baik dalam ekonomi.

“Bukan hanya berapa besar dari sisi nominal tersalurkan namun betul-betul mampu meningkatkan kinerja perekonomian, khususnya bagi UMKM mengingat sasaran penyaluran KUR adalah UMKM itu sendiri,” katanya.

Ia pun menyambut gembira penyaluran KUR di Bali pada 2019 ini dari sisi rasio kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) juga sangat keci yaitu di bawah 1 persen. Artinya dana yang disalurkan digunakan dengan baik oleh pengguna KUR, sehingga kredit tidak macet.

Dari TPAKD pun menyambut psotif launching website kurbali.com karena sebagai akses bagi masyarakat agar bisa lebih mudah dapatkan KUR. Dengan website tersebut maka akses masyarakat mendapatkan sumber dana keuangan lebih cepat dan mudah sehingga permodalan UMKM dapat meningkat.

“Kami berharap terjadi pergerakan ekonomi makin baik dan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat,” paparnya. 

Sementara itu Kepala OJK Regional 8 Bali Nusra Elyanus Pongsoda mengatakan pencapaian KUR hingga November 2019 mencapai 101,68 persen dari target KUR di Bali Rp5,086 triliun. Tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali dengan penyerapan di 3 besar sektor yaitu perdagangan besar dan eceran 43 persen, pertanian 18 persen dan industri pengolah 15 persen.

“Kami mengapresiasi seluruh bank penyalur KUR di Bali karena dapat mencapai target di atas 100 persen serta menjaga kualitas NPL KUR pada 2019 di bawah 1 persen. Kami juga mengucapkan selamat kepada BPD Bali sebagai salah satu nominasi BPD penyalur KUR terbaik pada 2019. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada 2020,” jelasnya.*dik

BAGIKAN