Kunjungan Wisatawan Diprediksi Tak Naik Signifikan

Kunjungan wisatawan ke suatu objek wisata setiap libur panjang biasanya melonjak.

ULUN DANU BERATAN - Kawasan di DTW Ulun Danu Beratan yang nantinya dilengkapi area bersantai.  

Tabanan (bisnisbali.com) –Kunjungan wisatawan ke suatu objek wisata setiap libur panjang biasanya melonjak. Namun hal tersebut diperkirakan tidak terjadi pada momen libur panjang akhir bulan ini.

Seperti diungkapkan Manajemen Operasional DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika, Jumat (23/10) kemarin, bercermin dari pengalaman yang sama sebelumnya, setiap momen libur panjang memang berpengaruh pada lonjakan kedatangan wisatawan. Namun di tengah pandemi Covid-19 ini, kemungkinan lonjakan yang terjadi tidak signifikan. Dia memprediksi kenaikan hanya berkisar 10 hingga 20 persen dibandingkan hari biasanya.

Guna menggaet wisatawan, pihaknya menerapkan diskon harga tiket masuk DTW Ulun Danu Beratan. Setelah didiskon 30 persen, harga tiket dibanderol Rp 25 ribu per orang untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dibanderol Rp 60 ribu per orang. Selama pandemi Covid-19 ini, program diskon tersebut cukup efektif menarik kunjungan wisatawan dengan rata-rata jumlah kunjungan ke DTW Ulun Danu Beratan mencapai 100 sampai 150 orang per hari.

Guna meningkatkan kunjungan sekaligus memberi nilai lebih pada setiap wisatawan, pihaknya akan menambah fasilitas coffee shop untuk wisatawan yang ingin bersantai menikmati hidangan kopi di dekat areal danau. Coffee shop ini memanfaatkan wantilan yang berada di sebelah utara DTW. Fasilitas tersebut direncanakan dioperasikan dalam waktu dekat. “Coffee shop ini akan buka setiap hari dengan pilihan sajian diantaranya kopi hingga beragam kue khas tradisional Bali,” tuturnya.

Kata Mustika, coffee shop ini nantinya akan dilengkapi dengan tempat (meja dan kursi) yang diletakan di pinggir Danau Beratan. Ada sekitar 15 meja dan kursi, sehingga wisatawan yang datang ke kawasan bisa bersantai menikmati sajian kopi dan hidangan kue khas Bali ini sambil menikmati keindahan danau.

“Untuk menikmati bersantai di pinggir danau sambil ngopi ini, rencana kami akan masukkan langsung dari harga tiket masuk yang dibayar wisatawan. Artinya, wisatawan tidak dikenakan lagi biaya tambahan selain harga tiket masuk,” ujarnya. *man

BAGIKAN