Kunjungan ke Objek Wisata Meningkat

Libur nasional karena adanya pilkada serentak banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bertamasya.

WISATAWAN - Sejumlah wisatawan menikmati keindahan DTW Ulun Danu Beratan pada libur pilkada.

Tabanan (bisnisbali.com) – Libur nasional karena adanya pilkada serentak banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bertamasya. Hal itu terbukti dengan adanya lonjakan kunjungan di sejumlah objek wisata atau daya tarik wisata (DTW), termasuk di Kabupaten Tabanan.

Manajer Operasional Kebun Raya Eka Karya Bali, Tito Saputra, Rabu (9/12), mengungkapkan, angka kunjungan wisatawan yang datang berwisata ke Kebun Raya Eka Karya Bali mengalami peningkatan pada libur pilkada ini. Wisatawan yang datang hingga pukul 12.09 Wita tercatat sudah mencapai 500 orang. “Dibandingkan dengan hari sebelumnya, kondisi hari ini yang merupakan libur nasional membuat kunjungan wisatawan ke kebun raya mengalami lonjakan sekitar 15 persen,” tuturnya.

Menyikapi lonjakan kunjungan wisatawan saat hari libur, khususnya libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti, pihaknya akan memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) dengan menambah personel satgas untuk melakukan screening suhu badan dan memeriksa kelengkapan masker bagi wisatawan yang datang. “Personel satgas prokes internal kami juga patroli secara berkala untuk melakukan imbauan agar tamu selalu mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, jelas Tito, sesuai arahan Gubernur Bali, Dinas Pariwisata dan Pemkab yaitu membatasi tamu hingga 50 persen dari total kapasitas area, maka pemberlakuan fase 1 di kebun raya masih berjalan hingga akhir tahun mendatang. Fase 1 ini dilakukan pembatasan hanya 2.000 orang dan 350 mobil dalam satu waktu yang bersamaan berada di dalam kawasan Kebun Raya Bali.

Hal sama juga diungkapkan Manajemen Operasional DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika. Kata dia, angka kunjungan wisatawan domestik (wisdom) mengalami lonjakan. Peningkatan kunjungan ini tidak hanya terjadi pada libur pilkada, namun sejak sebulan terakhir terjadi tren lonjakan kunjungan yang sebagian besar merupakan wisdom, baik dari dan luar Bali.

“Sebulan terakhir ada kecenderungan jumlah kunjungan wisdom ini naik, namun belum memposisikan sama seperti sebelum pandemi,” tandasnya.

Saat ini rata-rata angka kunjungan mencapai 300 hingga 500 orang per hari. Prediksinya, bila kondisi cuaca mendukung, kemungkinan pada momen Nataru, angka tersebut berpotensi naik ke 1.000 orang per hari.

“Meski berpotensi naik, belum akan memberlakukan pembatasan kunjungan sebagai upaya mencegah kerumunan. Sebab, kapasitas kita bisa menampung tamu hingga 4 ribuan orang, sehingga masih sangat memungkinkan menampung kunjungan wisatawan pada Nataru nanti,” ucapnya.

Seiring dengan peningkatan kunjungan wisatawan, harga tiket untuk wisdom dewasa yang sebelumnya diberlakukan potongan harga, maka sejak Desember ini sudah dikembalikan ke normal. Harga tiket kini Rp 30.000 per orang untuk dewasa, sedangkan harga tiket untuk wisdom anak-anak diberlakukan diskon atau hanya dikenakan Rp 12.500 per orang.*man

BAGIKAN