KPA Klungkung Kunjungi Puskesmas Dawan I

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung melakukan kunjungan kerja dan koordinasi anggota KPA serta penanggulangan penyakit HIV/AIDS

KUNJUNGAN - Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung melakukan kunjungan kerja dan koordinasi di UPT Pukesmas Dawan I.

Semarapura (bisnisbali.com) –Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung melakukan kunjungan kerja dan koordinasi anggota KPA serta penanggulangan penyakit HIV/AIDS di UPT Pukesmas Dawan I, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kamis (5/2). Turut hadir dalam acara tersebut Kepala UPT Pukesmas Dawan I dr. Ida Ayu Ketut Sri Handayani, Sekretaris KPA Kabupaten Klungkung Wayan Sumananya dan seluruh anggota KPA Pukesmas Dawan I.

Wabup Kasta selaku Ketua Harian KPA Kabupaten Klungkung, mengatakan kunjungan ini dimaksudkan menginsentifkan tugas KPA di puskesmas untuk memberikan pemahaman dan bimbingan agar memahami tugasnya masing-masing dan selalu berkoordinasi dengan KPA kabupaten dan kepala Puskesmas.

Wabup Kasta, berharap dengan program inovasi “Jaga Gerbang”, yakni jangkau, siaga, gerakan fisik dan bangunkan jiwa ini diharapkan bisa menangkal penyebaran HIV/AIDS sekaligus penanganan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). “Program Jaga Gerbang ditindaklanjuti dengan berusaha menjangkau ODHA di tengah sulitnya mendapatkan informasi keberadaan ODHA, untuk membuka dirinya memberikan jalan keluar dan pengobatannya serta tidak membuat rasa malu,” ujar Kasta didampingi Sekretaris KPA Wayan Sumananya.

Sementara itu, Kepala UPT Pukesmas Dawan I, dr. Ida Ayu Ketut Sri Handayani menyampaikan Pukesmas Dawan I menangani 16 kasus terjangkit HIV/AIDS dan pada tahun 2019 lalu ada satu orang meninggal dunia. “Kami harap dalam kunjungan ini banyak mendapatkan arahan dan bimbingannya untuk penanggulangan panyakit ini,” ujar Sri Handayani.

Sekretaris KPA Kabupaten Klungkung, Wayan Sumananya, menambahkan semua pukesmas di Kabupaten Klungkung saat ini sudah mampu menampung pengobatan penyakit HIV/AIDS. “Setelah kunjungan ini akan diisi pembekalan kepada petugas KPA di pukesmas dan mengunjungi semua puskesmas yang ada di Kabupaten Klungkung,” ungkapnya. *dar

BAGIKAN