Koordinasi KPA Klungkung dengan Puskesmas Cegah HIV/AIDS  

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta yang juga selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung mengunjungi Puskesmas Banjarangkan I, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan

KUNJUNGI - Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta yang juga selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung dan tim mengunjungi Puskesmas Banjarangkan I.

Semarapura (bisnisbali.com) – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta yang juga selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung mengunjungi Puskesmas Banjarangkan I, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Rabu (12/2).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan informasi tentang pencegahan HIV/Aids serta koordinasi Tim KPA dengan puskesmas.

Wabup Kasta berharap, melalui kunker dari KPA ini nantinya bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, serta adanya peningkatan koordinasi yang baik antara Tim KPA dan masing-masing puskesmas di Kabupaten Klungkung. “Agar Tim KPA dan puskesmas bisa mensosialisasikan program-program yang akan dilaksanakan ke masing-masing desa, sebagai langkah pencegahan penyakit HIV/AIDS di masyarakat,” harap Wabup Kasta.

Kepala UPT Puskesmas Banjarangkan I, dr. I Wayan Agus Arisnawan menyampaikan Puskesmas Banjarangkan I mempunyai Klinik VCT yang merupakan layanan komprehensif,  meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang mencakup semua bentuk layanan HIV dan IMS. Puskesmas Banjarangkan I juga mempunyai layanan Mobile VCT untuk segala kegiatan di lapangan. “Tahun lalu, di wilayah kerja kami ditemukan 7 kasus HIV/AIDS,” ungkap Arisnawan.

Pihaknya pun mengharapkan dengan adanya kunjungan ini, petugas kesehatan di Puskesmas Banjarangkan I mendapatkan arahan dan bimbingan dari Tim KPA tentang cara-cara mencegah panyakit HIV/AIDS serta dapat menginformasikan hal tersebut ke masyarakat. “Semoga kegiatan ini nantinya bisa memberikan informasi yang baik, sehingga ke depan seluruh masyarakat Kabupaten Klungkung bisa hidup sehat dan dapat terhindar dari penyakit berbahaya tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris KPA Kabupaten Klungkung Wayan Sumananya menyampaikan kunjungan ini diisi dengan pembekalan dari Tim KPA di masing-masing puskesmas dan menginformasikan kepada semua puskesmas di Kabupaten Klungkung bahwa sekarang sudah mampu mengampu pengobatan HIV/AIDS. Sebelumnya program kunker ini juga sudah dilaksanakan di Puskesmas Dawan 1 dan Puskesmas Klungkung II. “Mari bersama-sama kenali dan jauhi bahaya penyakit HIV/Aids dan selalu jaga pola hidup yang sehat,” ajak Sumananya. *dar

BAGIKAN