Komitmen Pemkab Badung Lestarikan Seni dan Budaya, Wabup Suiasa Serahkan Gong Semarandana ke Banjar Baler Pasar Darmasaba

WAKIL Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan seperangkat Gong Semarandana kepada Krama Banjar Baler Pasar, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (16/1)

SERAHKAN BANTUAN - Wabup Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan seperangkat Gong Semarandana kepada krama Banjar Baler Pasar, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (16/1) malam.

WAKIL Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan seperangkat Gong Semarandana kepada Krama Banjar Baler Pasar, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (16/1) malam. Bantuan gong diterima Kelian Banjar Dinas Baler Pasar, I Ketut Sania. Acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Provinsi Bali, I Bagus Alit Sucipta dan Camat Abiansemal I.B. Putu Mas Arimbawa.

Wabup Suiasa menyampaikan, bantuan Gong Semarandana ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab Badung dalam melestarikan seni, adat, agama dan budaya. Komitmen ini telah pula menjadi salah satu prioritas dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) di Kabupaten Badung. “Kami harapkan gong ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam meningkatkan kreativitas generasi muda di bidang seni karawitan maupun seni tari serta mendukung pelaksanaan yadnya, ” jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa agama Hindu di Bali tidak bisa dilepaskan dari tiga hal yaitu, agama, budaya dan adat. Gong bagian dari kesenian dan budaya yang sudah menjadi bagian dari agama Hindu. Untuk itu, Suiasa mengajak masyarakat, selain mengajegkan seni dan budaya, juga yang terpenting meningkatkan sradha bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. “Seni adalah rasa, seni akan meningkatkan rasa persatuan kita, di mana seni berjalan dengan baik di sana krama-nya bersatu,” tambahnya.

Di bagian lain, untuk mempercepat penanggulangan wabah Covid-19, Suiasa meminta masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan Covid-19 dengan melaksanakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Mohon taat dan patuh terhadap protokol kesehatan. Kuncinya disiplin dan taat prokes serta jangan takut divaksin,” imbuhnya.

Sementara itu, Kelian Dinas Banjar Baler Pasar, I Ketut Sania menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung khususnya Bupati dan Wakil Bupati Badung yang sudah membantu krama Banjar Baler Pasar berupa satu barung Gong Semarandana karena gong ini sangat bermanfaat bagi krama banjar khususnya sekaa teruna dalam upaya meningkatkan kreativitas dalam bidang seni dan budaya. “Kami atas nama krama Banjar Baler Pasar sangat berterima kasih atas bantuan gong ini. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik, tentunya dalam mendukung kegiatan keagamaan, seni dan budaya, ” jelasnya. *adv

BAGIKAN