Kolaborasi untuk Tumbuhkan Pelaku Usaha Baru

Tidak sedikit usaha baru yang dibangun masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

PELATIHAN - Salah satu kegiatan pelatihan dan workshop di Dharma Negara Alaya, Denpasar.

Denpasar (bisnisbali.com) –Tidak sedikit usaha baru yang dibangun masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Untuk mendorong kian tumbuh dan berkembangnya pelaku usaha khususnya UMKM di Kota Denpasar, berbagai hal dilakukan oleh pihak terkait serta dimanfaatkan oleh pelaku UMKM atau masyarakat.

Seperti yang sering dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Denpasar, sejumlah kegiatan yang berkolaborasi antusias diikuti masyarakat terlebih UMKM untuk menambah pengalaman dan pengetahuan di bidang yang digeluti. Misalnya baru-baru ini ada pelatihan pastry bakery hingga workshop pembuatan apparel & merchandise.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Denpasar I Wayan Hendaryana, DNA Art and Creative Hub sesuai nama dan visi misi dibentuknya, akan senantiasa memberikan ruang dan siap memfasilitasi beragam kegiatan kreatif termasuk pelatihan dan workshop. Terlebih di masa pandemi ini, setiap orang harus saling berkolaborasi untuk bersama-sama menemukan atau menciptakan peluang baru usaha. “Saya kira pelatihan pastry bakery hingga workshop pembuatan apparel & merchandise ini sangat bermanfaat. Peserta akan mendapatkan skill yang bisa dijadikan peluang usaha mandiri,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Badan Kreatif Kota Denpasar I Putu Yuliartha. Menurutnya, kegiatan kolaborasi semacam ini harus terus dilakukan, baik dengan pemerintah maupun dengan organisasi atau komunitas yang bergerak dalam bidang kreatif. “Bkraf senantiasa akan mendukung dan siap berkolaborasi,” katanya.

Salah satu peserta pelatihan pastry bakery, Ayu Antari, mengaku sangat senang bisa terlibat dalam pelatihan pembuatan roti ini. “Materi yang diberikan beragam. Jadi, kami bisa praktik langsung membuat berbagai varian roti. Apalagi bisa menjadi peluang usaha untuk saya dan teman-teman,” terangnya. *wid

BAGIKAN