Klungkung Gelar KOSN, Bupati Tekankan Pendidikan Karakter

Sekretaris Daerah Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung membuka Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SD dan SMP Kabupaten Klungkung Tahun 2020 di GOR Swacapura, Gelgel.

KOSN - Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra melepas balon yang menandai pembukaan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Kabupaten Klungkung Tahun 2020 di GOR Swacapura.

Semarapura (bisnisbali.com) –Sekretaris Daerah Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung membuka Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SD dan SMP Kabupaten Klungkung Tahun 2020 di GOR Swacapura, Gelgel. Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, yakni Ketua KONI Kabupaten Klungkung Wayan Subamia, Kepala Dinas Pendidikan Dewa Gde Dharmawan, para Kepala Sekolah serta guru pendamping.

Winastra mengatakan, KOSN ini penting diadakan guna memberikan wadah bagi para peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat khusunya pada bidang olah raga dan jasmani serta menumbuhkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kedisiplinan, kreativitas, daya juang, jujur, sportif, kompetitif, solidaritas dan bertanggung jawab.

“Selain menumbuhkan pendidikan karakter, KOSN juga memberikan pengalaman belajar seperti belajar kerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mampu memotivasi diri,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap tahun ini Kabupaten Klungkung bisa lebih banyak menorehkan prestasi di tingkat provinsi maupun nasional. “Kegiatan ini agar terus berkelanjutan sehingga terpilih peserta didik terbaik dalam bidang olah raga yang nantinya menjadi bibit atlet yang unggul,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, Dewa Gde Darmawan dalam laporannya menyampaikan KOSN tahun ini mengambil tema “Dengan KOSN Membangun Karakter Unggul Melalui Kegiatan Olahraga Pendidikan”. KOSN ini merupakan ajang silaturahmi para altlet muda sekaligus sebagai wadah kompetisi antar siswa SD dan SMP di cabang Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat dan Karate, yang diikuti sebanyak 140 atlet dari perwakilan kecamatan dan sekolah.

“KOSN berlangsung pada 10 – 12 Maret 2020 yang diikuti 84 atlet SD dari empat kecamatan dan 56 atlet SMP dari 11 sekolah,” ujar Dewa Darmawan.

Pihaknya juga menambahkan, adapun tujuan dari terselenggaranya KOSN ini yakni mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olah raga, membina dan mempersiapkan olaragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab serta mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olah raga. *dar

BAGIKAN