Kikil Asap Bumbu Rajang, Unik dan makin Dicari

KIKIL atau kaki babi biasaya tak banyak yang menyukainya  dibandingkan bagian daging lainnya.

KIKIL atau kaki babi biasaya tak banyak yang menyukainya  dibandingkan bagian daging lainnya. Namun dengan proses pengolahan yang tepat ternyata kikil babi yang dulunya biasa bisa memiiki rasa yang istimewa.

Seperti menu yang ditawarkan Paon D’Jero yang beralamat di Jalan Cempaka 24, Br Puseh Kediri Tabanan. Kikil babi olahan paon D’Jero ini selalu jadi incaran penikmat kuliner khususnya yang berbahan dasar daging babi.
Kikil babi ini sebelumnya melalui proses pemasakan dengan diasap, selanjutnya baru dibumbu dengan bumbu rajang khas Bali ala Paon D’Jero. Proses pemasakan inilah yang sangat penting untuk diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap tekstur kikil babi yang akan dihidangkan.

 “Berbeda dengan kikil babi guling pada umumnya, kalau untuk kikil yang kita produksi itu melalui proses pengasapan yang kemudian baru di beri bumbu hingga benar-benar meresap, proses pemasakan saat memberikan bumbu ini sangat penting, agar tekstur kikil bisa sempurna. Tidak terlalu matang dan tidak kurang matang,” terang Dewa Gede Putra Santika owner Paon D’Jero yang sekaligus langsung memproses olahannya ini.

Dengan proses yang tepat tekstur kikil akan terasa nikmat dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam dagingnya, namun pastinya kikil tetap utuh alias tidak hancur, pastinya proses ini memerlukan orang yang memang professional dalam mengolah hidangan kikil ini. “Saat penyajiannya, selain kikil yang sudah diproses dengan bumbu Rajang, kita juga sediakan kuah pendampingnya bagi yang suka dengan suguhan kikil basah serta bumbu terpisah, sehingga saat akan menyantap semua bisa menyesuaikan sesuai dengan selera masing-masing,” terangnya.

Paon D’Jero yang melayani pemesanan antar ini mengakui kikil asap bumbu Rajang ini menjadi salah satu menu yang banyak dicari dan selalu habis tiap harinya, selain itu juga ada pilihan menu lainnya yang bisa dipilih seperti babi rica-rica, aneka olahan lawar, serta iga bakar dengan bumbu dan sambal yang mantul. Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi media social Paon D’Jero yang pastinya selalu up date berbagai menu yang ready tiap harinya. *ita

BAGIKAN