Ketut Swabawa, Penguatan Eksistensi Desa Wisata

MASYARAKAT Sadar Wisata (Masata) sebagai wadah optimalisasi kesadaran masyarakat Indonesia tentang konsep kepariwisataan,

MASYARAKAT Sadar Wisata (Masata) sebagai wadah optimalisasi kesadaran masyarakat Indonesia tentang konsep kepariwisataan, bertekad menjadi sebuah episentrum bagi pemberdayaan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Sekretaris Wilayah DPD Masata Bali I Ketut Swabawa, CHA,  mengatakan peningkatan ekonomi pedesaan bisa dilakukan melalui penguatan eksistensi desa wisata.

Potensi di pedesaan diyakininya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan melalui penguatan eksistensi desa wisata. DPP Masata sedang fokus konsolidasi kepengurusan dan program DPD-DPC se-Indonesia dalam menentukan program kerja. Salah satu program DPP Masata dan DPD Masata Bali adalah memberikan program pendampingan manajemen desa wisata. Ini termasuk terus- menerus mengupayakan sinergitas Masata dalam jejaring stakeholders kepariwisataan.

Swabawa menyampaikan, DPD Masata Bali memiliki rencana kerja strategis khususnya dalam penguatan desa wisata pada kategori mandiri dalam hal tata kelola. Ini dalam upaya mencapai asas kebermanfaatan bagi masyarakat yang berkelanjutan.

Khusus di Bali akan diseleksi desa wisata yang benar-benar memiliki keunikan yang unggul terutama yang berpotensi mengembangkan produk yang inovatif berbasis kearifan lokal. “Jika perekonomian di desa bergerak, sektor lainnya semakin tumbuh ” katanya.

Ditambahkannya,  desa wisata perlu pendampingan yang konsisten. Masata Bali akan bersinergi dengan pengurus Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi) Provinsi Bali untuk menyelaraskan program kerja. “Ini dalam hal menguatkan tata kelola desa wisata kita di Bali, “ pungkas Swabawa. *kup

BAGIKAN