Ketua TP PKK Gianyar Bantu Kader PKK dan Perajin

Guna mendukung program pemerintah dalam upaya membantu meringankan beban ekonomi pada masyarakat terdampak Covid- 19,

PKK - Ny. Surya Adnyani Mahayastra secara simbolis menyerahkan bantuan pada perwakilan TP PKK Kecamatan dan perajin di Pendopo Sekretariat Kantor TP  PKK Kabupaten Gianyar, Selasa (2/6).               

Gianyar (bisnisbali.com)-Guna mendukung program pemerintah dalam upaya membantu meringankan beban ekonomi pada masyarakat terdampak Covid- 19, Ketua TP  PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra menyalurkan berbagai bantuan dari TP PKK Provinsi Bali maupun CSR dari Clean Up Tegallalang (CUT) dan Bank BPD Bali Cabang Gianyar.

Bantuan berupa sembako, kursi roda, masker maupun bibit tanaman itu diserahkan secara simbolis Ny. Surya Adnyani Mahayastra pada perwakilan TP PKK kecamatan dan perajin di Pendopo Sekretariat Kantor TP PKK Kabupaten Gianyar, Selasa (2/6).

Menghadapi situasi perekonomian seperti ini, Pemkab Gianyar telah melakukan berbagai upaya percepatan penanggulangan Covid-19 sampai dengan menyiapkan skema penanganan dampak ekonomi dengan meluncurkan beberapa stimulus ekonomi. TP PKK sebagai mitra pemerintah juga telah ikut berkontribusi dengan melakukan refocusing dan realokasi anggaran pada program kegiatan PKK maupun Dekranasda Kabupaten Gianyar maupun dana BKK Provinsi Bali untuk fokus dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Bantuan itu berupa bantuan bibit tanaman Hatinya PKK, PMT dan bumil serta masker kain untuk kader PKK di masa pandemi ini.

Pada kesempatan itu, Ny. Surya Adnyani Mahayastra secara simbolis menyerahkan  bantuan dari TP PKK Provinsi Bali berupa beras dengan alokasi sebanyak 24,35 ton bagi 974 kader di 7 kecamatan. Sedangkan untuk perajin se-Kabupaten Gianyar juga mendapatkan bantuan alokasi bantuan sebanyak 30 ton beras bagi 1.200 perajin serta masker kain sebanyak 10.000 pcs. Selain perajin, bantuan masker juga diberikan pada asosiasi perajin yang ada di Kabupaten Gianyar.

“Saya minta pada para camat agar bantuan masker ini dibagikan per desa masing-masing sebanyak 100 masker. Ini agar membiasakan masyarakat untuk tetap menggunakan masker  sebagai suatu kebutuhan atau gaya hidup sehat,” tegas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Sementara untuk bantuan dari dana BKK diserahkan bibit tanaman untuk Hatinya PKK sebanyak 18.144 polybag berupa bibit cabai merah, terong ungu, tomat, bunga mitir, kacang panjang, jahe dan kunyit. Untuk bantuan pupuk  diserahkan sebanyak 1.728 Kg pupuk NPK bagi KK di desa/kelurahan binaan tahun 2021, 2022 dan 2023 sebanyak 24 desa di masing-masing desa untuk 18 KK. Untuk bantuan masker kain bagi kader PKK diserahkan sebanyak 5.600 pcs dengan rincian, PKK desa/kelurahan/kader posyandu dan pendamping posyandu sebanyak 4.324 pcs, kader Pokja 1 (pengurus WHDI ) sebanyak 364 pcs dan untuk kader pokja II (guru PAUD) sebanyak 912 pcs.

“ Semua bantuan ini sudah kita koordinasikan dengan dinas terkait terutama masalah data, agar bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih dan tepat sasaran,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra. *adv/kup

BAGIKAN