Ketua DPRD Karangasem Gede Dana, Sarankan Tunda Pengadaan Pakaian Dinas Pimpinan dan Anggota DPRD  

Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana menyarankan agar pengadaan pakaian dinas untuk pimpinan dan anggota DPRD Karangasem, sementara ditunda.

Amlapura (bisnisbali.com) –Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana menyarankan agar pengadaan pakaian dinas untuk pimpinan dan anggota DPRD Karangasem, sementara ditunda. Penundaan itu, mengingat saat ini anggaran difokuskan untuk penanggulangan virus Corona dan dampaknya dan masyarakat Karangasem berjuang focus mendapatkan sembako di tengah kesulitan ekonomi akibat wabah Covid-19 ini.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Karangasem Gede Dana di  Gedung DPRD Karangasem, Kamis (28/5).  Gede Dana mengatakan, wabah pandemi Covid-19 yang masih melanda Bali menimbulkan berbagai dampak, mulai dari dampak kesehatan, ekonomi maupun  dampak sosial. ‘’Pemerintah telah mengupayakan pengalokasian anggaran untuk penanganan Covid-19 beserta dampak ikutannya, baik ekonomi, sosial dengan banyaknya  tenaga kerja swasta atau pekerja harian yang pendapatannya hilang atau menurun,’’ paparnya.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya selaku Ketua DPRD Karangasem saat diminta pendapatnya Kamis, kemarin, menyatakan pada prinsipnya, selaku Ketua DPRD sangat sependapat bahwa pengalokasian anggaran untuk penanganan Covid-19 menjadi prioritas. ‘’Anggaran kami di DPRD telah dirasionalisasi kurang lebih Rp 28 miliar  untuk penanganan Covid-19 yang telah dituangkan dalam Perkada I, II, III. Dalam perjalanannya kami di DPRD tidak dilibatkan dalam pembahasan Perkada ini oleh pihak eksekutif dan  harapan kami Tim Anggaran Pemerintah Daerah- lah  (TAPD) yang  lebih cermat dalam penghitungan alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 itu, ‘’ papar Gede Dana.

Menurut Gede Dana, bahkan jika alokasi anggaran penanganan Covid-19 masih kurang, kata Gede Dana,  dirinya selaku Ketua DPRD mendorong agar tunjangan transportasi dan tunjangan perumahan pimpinan DPRD dan anggota untuk ikut dirasionalisasi. Terkait pengadaan pakaian dinas bagi pimpinan dan anggota DPRD, dirinya, menyarankan kepada Sekretariat DPRD agar ditunda pengadaannya, sementara semasih dalam situasi dan dampak wabah covid ini. ‘’Kurang baik, di tengah masyarakat Karangasem berjuang  dan fokus bisa mendapatkan beras dalam situasi sulit akibat pandemi Covid ini, kita membeli pakaian baru.   Dalam waktu dekat saya akan undang pimpinan DPRD untuk membahas hal ini,’’ tandasnya. *adv/bud

BAGIKAN