Ketua DPRD Gede Dana Pimpin Rapat dengan Eksekutif , Minta TPP dan Gaji Pegawai Kontrak Secepatnya Dibayarkan

Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, Senin (24/2) di DPRD Karangasem, memimpin rapat membahas masalah pengelolaan keuangan daerah.

PIMPIN RAPAT - Ketua DPRD,  I Gede Dana didampingi para Wakil Ketua DPRD Karangasem, meminta agar eksekutif yang membidangi secepatnya membayarkan TPP dan gaji pegawai kontrak di Karangasem.

Amlapura (bisnisbali.com) –Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, Senin (24/2) di DPRD Karangasem, memimpin rapat membahas masalah pengelolaan keuangan daerah. Pimpinan Dewan meminta pihak eksekutif secepatnya membayar tambahan penghasilan pegawai (TPP), serta honor pegawai kontrak daerah Karangasem.

Ketua DPRD Gede Dana, serta Wakil Ketua, Wayan Parka mengatakan, pihaknya mendapat aspirasi dari kalangan pegawai, baik yang menjabat atau pun staf , termasuk pegawai kontrak daerah. Sebab, sampai menjelang akhir Februari tahun 2020  atau sudah dua bulan ini, TPP mereka belum dibayarkan. Padahal, TPP itu merupakan hak pegawai.

Wayan Parka asal Tihingan Bebandem mengatakan, pihaknya didesak kalangan pegawai memperjuangkan, agar TPP mereka bisa lebih cepat dibayarkan. Sebab, TPP itu diperlukan, ada yang harus membayar cicilan pinjaman di bank, membayar utang atau keperluan membayar peturunan atau iuran  di desa atau banjar, serta kebutuhan rumah tangga, apalagi bulan ini merupakan bulan Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Gede Dana mengatakan, dari data yang diterimanya, di Karangasem ada 6.442 PNS atau kini ASN. Sementara pegawai kontrak, seperti tukang sapu Dinas Lingkungan Hidup, tenaga upah pungut, sopir armada pengangkutan sampah,  dan tenaga administrasi lainnya termasuk guru kontrak mencapai lebih dari 5.000 orang. ‘’Pegawai kontrak itu sudah gajinya kecil berkisar Rp Rp800 ribu sampai Rp 1 juta, tetapi pembayarannya lambat. Bagaimana dengan pegawai kontrak yang sudah berumah tangga dan sudah punya anak? Kami dari DPRD meminta agar hak-hak pegawai itu secepatnya bisa dipenuhi atau dibayarkan. Sebab, mereka sangat memerlukan untuk memenuhi kebutuhannya,’’ ujar Gede Dana.

Gede Dana dan Wayan Parka, meminta proses amprah atau administrasi pembayaran TPP dan gaji pegawai kontrak itu dipermudah, sehingga tidak berbelit-belit dan pada akhirnya lambat proses pembayarannya. Gede Dana meminta agar eksekutif sudah bisa membayarkan hak pegawai itu, sebelum hari raya Kuningan ini. ‘’Kami berharap baik TPP atau gaji pegawai kontrak itu sudah bisa dibayarkan menjelang Hari Raya Kuningan ini,’’ tambah Wayan Parka.

Dipimpin Ketua DPRD Gede Dana, rapat pimpinan juga dihadiri Wakil Ketua Wayan Parka dan Wakil Ketua Made Agus Kertiana. Sementara dari kalangan eksekutif dihadiri Asisten Sekda  I Wayan Purna, Asisten 3 Ni Made Santikawati, Kabag Hukum Setda Komang Suarnata dan Kabag Organisasi Ketut Arta Sedana serta Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Made Sujana Erawan.

Sujana Erawan mengatakan, pihaknya menunggu amprah pembayaran TPP atau pun amprah  gaji pegawai kontrak itu. ‘’Kalau administrasinya sudah lengkap, kami tinggal teken pencairannya. Saat ini administrasinya sedang diproses di masing-masing OPD, mudah-mudahan administrasi itu cepat diselesaikan. Maaf pembayaran itu terlambat, karena masih sedang diproses,’’ tandas Sujana Erawan. *bud/adv

BAGIKAN