Kembangkan Potensi Desa Melalui Desa Wisata

Desa-desa di Indonesia pada umumnya dan di Bali khususnya memiliki potensi alamiah.

DESA WISATA - Pengembangan desa wisata di Kabupaten Gianyar.

Gianyar (bisnisbali.com) –Desa-desa di Indonesia pada umumnya dan di Bali khususnya memiliki potensi alamiah.  Di masyarakat desa tumbuh dan berkembang potensi budaya. Ini mencakup kehidupan sosial budaya, kesenian, adat istiadat, mata pencaharian dan keindahan alamnya. Masyarakat Gianyar bisa mengembangkan potensi desa melalui desa wisata guna menopang sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi mengungkapkan hal itu, Senin (2/11). Menurutnya, potensi desa bisa dikembangkan untuk menarik minat wisatawan. Wisatawan domestik (wisdom) dan mancanegara (wisman) datang berlibur untuk melihat keunikan budaya dan keindahan alam di desa wisata.

Dipaparkannya, iklim pariwisata yang kondusif dapat tercipta dengan membangun desa. Pembangunan desa wisata diawali penyediaan kebutuhan sarana prasarana desa. Penambahan fasilitas pariwisata dapat berkontribusi terhadap peningkatan potensi desa. Ini sekaligus sebagai aset desa dalam rangka mempercepat pengembangan destinasi wisata di desa. Potensi desa inilah yang perlu digali dan selanjutnya dikembangkan untuk desa wisata. “Ini pada akhirnya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat guna meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa,” jelasnya.

Dewa Ngakan Ngurah Adi menambahkan, misi ke-3 pembangunan Kabupaten Gianyar mencakup peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berwawasan lingkungan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa selaku OPD yang diamanatkan mengemban misi tersebut. “Guna mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gianyar, maka salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pengembangan desa wisata,” tegasnya. *kup

BAGIKAN