Kelompok Tani akan Terima Bantuan UPPO

Pemerintah pusat melaksanakan program Pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO).

VERIFIKASI - Distan Tabanan melakukan verifikasi lapangan ke kelompok UPPO KWT Mekar Sari.

Tabanan (bisnisbali.com) –Pemerintah pusat melaksanakan program Pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO). Program ini menyasar lima kelompok tani calon penerima yang tersebar di Kabupaten Tabanan dengan masing-masing kelompok mendapat bantuan sebesar Rp 200 juta.

Tujuan program aspirasi ini untuk membantu mempercepat usaha dan meningkatkan kesejahteraan petani. Kelompok tani yang berhak mendapat bantuan ini merupakan pengajuan calon petani dan calon lokasi (CPCL) tahun 2020. Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan kini turun melakukan verifikasi.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tabanan I Gusti Putu Wiadnyana, Kamis (4/3) kemarin, mengungkapkan tahun ini sejumlah kelompok tani di Kabupaten Tabanan mendapatkan alokasi bantuan dari program pusat dalam bentuk UPPO. Program bantuan tersebut bersumber dari dana APBN melalui aspirasi DPR RI. “Hari ini kami melakukan verifikasi kepada calon penerima bantuan UPPO. Jika nanti disetujui oleh pusat, bantuan berupa uang ini akan langsung ditransfer ke kelompok,” tuturnya.

Penerima bantuan dari UPPO ini tersebar. Calon penerimanya untuk kelompok yang ada di empat kecamatan, yaitu Selemadeg, Selemadeg Barat, Selemadeg Timur, Tabanan dan Kediri. Setelah ditetapkan sebagai penerima bantuan UPPO, nantinya masing-masing kelompok akan mendapat alokasi Rp 200 juta.

Putu Wiadnyana melanjutkan, dana yang disalurkan akan dimanfaatkan untuk pembangunan kandang ternak, pembangunan rumah kompos, pengadaan bibit sapi, pembuatan pupuk kandang (pupuk organik) dan pembelian alat. Setelah bantuan disalurkan, pemanfaatan hingga hasil pengolahan dalam bentuk pupuk organik sepenuhnya merupakan kewenangan kelompok tani bersangkutan.

“Kami biarkan kelompok tani belajar mengelola bisnis. Bila pupuk organik yang dihasilkan nanti untuk kebutuhan kelompok sendiri, kami silakan. Begitu juga apabila mereka ingin menjual sebagian dari produk pupuk organik yang dihasilkan, juga disilakan,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini pupuk organik sangat dibutuhkan pasar. Bercermin dari itulah  sangat mungkin bantuan program UPPO akan men jadi upaya meningkatkan kesejahteraan petani atau kelompok nantinya. *man

BAGIKAN