Kaum Perempuan “Unjuk Gigi” pada HUT Korpri di Klungkung

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, mewakili Bupati Klungkung,  menjadi inspektur upacara bendera dalam memperingati Hari Korpri ke-48 dan Hari PGRI tahun 2019 di Lapangan Puputan Klungkung, Jumat (29/11).

Perangkat upacara wanita sedang mengibarkan bendera merah putih pada peringatan HUT ke-48 Korpri dan Hari PGRI tahun 2019 di Lapangan Puputan Klungkung.

Semarapura (bisnisbali.com) –Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, mewakili Bupati Klungkung,  menjadi inspektur upacara bendera dalam memperingati Hari Korpri ke-48 dan Hari PGRI tahun 2019 di Lapangan Puputan Klungkung, Jumat (29/11). Ada yang menarik pada upacara bendera kali ini, yaitu para perangkat atau petugas upacara diambil alih oleh perempuan-perempuan Korpri Pemkab Klungkung.

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,  yang dibacakan Sekda,  Winastra, mengatakan revolusi industri jilid ke-4 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, tidak hanya pada cara berkomunikasi tetapi juga cara mengelola pemerintahan. Di sisi lain persaingan antarnegara semakin sengit untuk berebut teknologi, pasar dan talenta-talenta hebat yang digunakan untuk memajukan negaranya. Untuk itu, seluruh anggota Korpri harus mengambil jalan perubahan dengan melakukan reformasi secara berkelanjutan.

 “Saya mengajak seluruh anggota Korpri untuk terus menerus bergerak mencari terobosan dan inovasi. Pelayanan yang rumit, berbelit-belit dan menyulitkan rakyat harus kita pangkas, kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi,” sebut Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakan, orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, tidak lagi berorientasi pada prosedur tetapi lebih pada hasil nyata. “Bahkan saya sudah minta eselon III dan IV untuk ditiadakan, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat,” sambung Presiden.

Sementara itu, dalam sesi wawancara Sekda Winastra menyampaikan tema Hut Korpri tahun ini, yakni “Kita Bekerja Melayani dan Menyatukan Bangsa”. Serangkau HUT Korpri ini sudah dilaksanakan berbagai kegiatan selama satu bulan ini, antara lain sosialisasi mencegah tangkal radikalisme, serta kegiatan di masing-masing kantor.

“Jadi selama sebulan penuh ini kita memakai pakaian Korpri untuk merasakan, mengingatkan kembali bahwa pengabdian kita masih panjang, memerlukan inovasi dan kreativitas dalam menghadapi tantangan perubahan global, sesuai arahan Bapak Presiden yaitu kita harus terus berinovasi, kita harus maju untuk bisa memenangkan persaingan global ini,” harapnya.

Sedangkan terkait Hut PGRI, para guru diharapkan bisa mengubah paradikma baru untuk mengajak partisipasi anak yaitu belajar dengan alam maupun perubahan ilmu teknologi.

Di akhir upacara, Sekda Winastra didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Klungkung I Komang Susana memberikan kenang-kenangan dan penghargaan kepada anggota Korpri yang menjalani masa pensiun TMT 1 Oktober dan 1 November 2019. *dar

BAGIKAN