Karangasem Miliki 77 Objek Wisata, PAD Malah Turun

Karangasem memiliki 77 objek daya tarik wisata.  Namun banyaknya objek wisata yang dimiliki,  bukannya menyebabkan meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD),  justru penurunan.

Amlapura (bisnisbali.com) –Karangasem memiliki 77 objek daya tarik wisata.  Namun banyaknya objek wisata yang dimiliki,  bukannya menyebabkan meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD),  justru penurunan.

Guna meningkatkan jumlah kunjungan, baik secara kualitas dan kuantitas serta lama kunjungan wisatawan di Karangasem,  diperlukan promosi yang efektif. Promosi itu,  kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem,  Ketut Sedana Merta,  Kamis (6/2),  dibentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). Kepengurusan BPPD Karangasem itu diketuai, I Wayan Kariyasa, yang juga Ketua BPC PHRI Karangasem.  Pengukuhan pengurus dilakukan Wakil Bupati Karangasem, Wayan Arta Dipa dan dihadiri juga Wagub Bali Cokorda Artha Ardana Sukawati,  yang juga Ketua DPD PHRI Bali.

Kadis Pariwisata Karangasem, Ketut Sedana Merta melaporkan,  pembentukan BPPD masa bakti 2020 sampai 2024 ini berdasarkan  SK Bupati 36/HK/2020.

BPPD itu,  lanjut Sedana Merta,  bertugas meningkatkan citra kepariwisataan Bali, khususnya Karangasem,  meningkatkan promosi kunjungan wisatawan nusantara dan pembelanjaan, serta juga menggalang pendanaan dari sumber selain APBN dan APBD,  termasuk  melakukan riset dalam rangka pengembangan usaha dan bisnis pariwisata di daerahnya.

Di lain pihak Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri,  dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Wayan Arta Dipa minta kepada pengurus BPPD Kabupaten Karangasem yang dikukuhkan itu  selalu dapat bersinergi dengan pemerintah, guna mendorong pertumbuhan kepariwisataan di Kabupaten Karangasem.

“Dengan kerja  promosi pariwisata yang dilakukan BPPD yang ada di karangasem, ke depan bisa membantu dalam meningkatkan PAD,” ujar Arta Dipa.

Ditegaskan Arta Dipa,  di Karangasem masih banyak pekerjaan yang harus di selesaikan terkait pariwisata,  dan itu ke depannya menjadi tugas dari BPPD Karangasem untuk berpromosi tidaklah mudah. Potensi untuk maju memang besar,  karena di Karangasem sebenarnya sudah ada  77 daya tarik wisata. Masing -masing objek  memiliki potensi untuk dipasarkan kepada wisatawan,” tambahnya.

Menurut Arta Dipa,  dalam BPPD Karangasem,  banyak unsur pelaku pariwisata yang dilibatkan, dan itu merupakan modal kuat guna menjaring berbagai wisatawan dari berbagai negara. dengan begitu diharapkan jumlah kunjungan wisata   Iebih banyak lagi,  dan tentunya dukungan dari masyarakat sangat diharapkan, dalam mengembangkan pariwisata dan mempromosikannya. *bud

BAGIKAN