Kapolres Gianyar Ajak Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

 

Gianyar (Bisnis Bali.com)-
Biasanya kegiatan melukat (membersihkan diri) saat rahina Banyupinaruh sehari setelah Hari Raya Saraswati ramai dilakukan tempat pelukatan Tirta Empul dan tempat-tempat lainnya pada ,Minggu (5/6) mendatang. Kapolres Gianyar, AKBP I Dewa Made Adnyana, S.I.K,S.H; MH disela penyaluran ratusan paket sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di halaman Mapolres Gianyar, Jumat (26/6) mengajak masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pasca pandemi covid-19.
Guna mengantisipasi membludaknya masyarakat melakukan ritual “melukat” dalam suasana Pandemi Covid-19, kepolisian Polres Gianyara akan melakukan pemantauan secara khusus.
Polres Gianyar akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Gianyar dan Desa Adat setempat, mengingat situasi masih dalam pandemi covid 19.
Kapolres Gianyar, AKBP Dewa Made Adnyana mengaku masih terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Sebab bagaimanapun, polisi selalu terdepan untuk mengingatkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemic Covid-19.
Terkait kegiatan keagamaan, khususnya Banyupinaruh Polres Gianyar sudah rapat koordinasi dengan instansi Pemkab Gianyar. Seperti di objek melukat, seperti di Tirta Empul, Tampaksiring Polres Gianyar berkoordinasi dengan Bendesa Adat setempat. ” Dalam rangka pencegahan penyebaran virus atau Covid 19, kegiatan tidak bisa seperti dulu, akan diatur secara khusus,” ucap Kapolres Gianyar.
Secara teknis, katanya akan melibatkan tenaga medis dari Dinas Kesehatan. Terutama untuk mengatur setiap prosesi kegiatan yang rentan terjadi kontak fisik. “Sedang dirancang bagaimana teknisnya. Hasilnya akan disosialisasikan kepada masyarakat,”katanya.
Kapolres Gianyar Dewa Adnyana mengajak seluruh masyarakat tetap disiplin. Sebab sudah mulai dirasakan semangat masyarakat mulai kendor, mulai turun pasca beberapa bulan melewati Pandemi Covid-19. Secara psikologis, masyarakat yang sekian bulan bersabar selama pandemi, Covid 19 diakui memang sekarang beberapa ada yang kendor kaitannya dengan disiplin. “Tentunya kita semua, tidak hanya aparat pemerintahan, seluruh lapisan masyarakat harus tetap ikuti protokol kesehatan. Mari kita terus saling mendukung, menyemangati satu sama lain, mengingatkan. Menjelang new normal tetap jaga kebersihan diri dan lingkungan,”harap Kapolres Gianyar.*

BAGIKAN