Kantor BKS LPD Kabupaten Karangasem Diresmikan,  Wujud Persatuan dan Kebersamaan LPD

BADAN Kerja Sama (BKS) Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Karangasem, Minggu (28/3) kemarin melaksanakan acara peresmian, pemlaspasan dan rsi gana Kantor BKS LPD Karangasem berlokasi di Banjar Dinas Sesana, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem.

PERESMIAN - Pengurus BKS LPD Karangasem bersama Pengurus BKS LPD Bali saat peresmian Kantor BKS LPD Karangasem.     

BADAN Kerja Sama (BKS) Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Karangasem, Minggu (28/3) kemarin melaksanakan acara peresmian, pemlaspasan dan rsi gana Kantor BKS LPD Karangasem berlokasi di Banjar Dinas Sesana, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem. Upacara peresmian dan pemlaspasan dilaksanakan setelah rampungnya pembangunan Kantor BKS LPD Karangasem.

Ketua BKS LPD Karangasem Made Mastiawan mengatakan, pembangunan Kantor BKS LPD Kabupaten Karangasem sudah dirancang sejak tahun 2016 lalu. Realisasi pembangunan fisik Kantor BKS LPD Karangasem dimulai tahun 2020.

Ia menjelaskan, pembangunan Kantor BKS LPD Karangasem untuk tujuan pusat pelatihan LPD dalam rangka meningkatkan kualitas SDM LPD. Selain kepentingan LPD, kantor  ini bisa dimanfaatkan lembaga-lembaga lain untuk keperluan tempat koordinasi baik majelis alit maupun majelis madya khususnya di Kabupaten Karangasem.

Pembiayaan pembangunan kantor berasal dari pengembalian dana 5 persen yang disetor LPD ke BKS LPD Bali. Setiap tahun dana tersebut dikembalikan ke BKS masing-masing kabupaten/kota. Sumber dana pembangunan Kantor BKS LPD Kabupaten Karangasem  juga berasal dari LP-LPD dan bantuan dari BKS LPD Bali, pinjaman lunak dari BKS LPD Bali, sumbangan sosial dari masing-masing karyawan  LPD, bantuan CSR serta bantuan sosial dari Bank BPD Bali. “Pembangunan Kantor BKS LPD Kabupaten Karangasem menghabiskan dana Rp 2,2 miliar lebih,” ucapnya.

Made Mastiawan menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak,  Iembaga dan karyawan LPD seluruh Kabupaten Karangasem. Ke depan  adanya kantor ini bisa meningkatkan kinerja LPD untuk membantu desa adat yang selama ini sangat konsen memajukan LPD.

Sementara itu, Ketua BKS LPD Provinsi Bali Nyoman Cendikiawan menyatakan sangat mengapresiasi pembangunan gedung BKS LPD Karangasem sebagai wujud persatuan dan kebersamaaan. Kantor baru BKS LPD Karangasem ini bisa dimanfaatkan semaksimal untuk pelatihan dan pertemuan dengan tujuan memajukan LPD Karangasem dan Bali. Melalui persatuan dan kebersamaan, LPD di Karangasem bisa menunjukkan jati diri untuk pelestarian adat dan budaya.

Dalam masa pandemi Covid-19, LPD di Kabupaten Karangsem sudah meningkatkan kinerja dan kondusivitas dan likuiditas. Ini berkat tuntunan LP-LPD dan koordinasi BKS LPD kabupaten dan kecamatan yang berjalan baik dalam masa pandemi. Anggota BKS LPD Karangasem 190 LPD.

Upacara pemlaspasan dan rsi gana Kantor BKS LPD Karangasem berjalan khusuk dan khidmat. Upacara diikuti para Pengurus BKS LPD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Bali. *adv

BAGIKAN