Kalas Daun Belimbing, Rasanya Istimewa

Biasanya menu daun belimbing bumbu kalas ini dimasak saat acara istimewa dan acara penting seperti resepsi pernikahan, upacara adat, serta acara special lainnya

MASYARAKAT tentu tak asing dengan rasa sayur yang dibumbui kalas. Kalas atau olahan santan yang direbus dalam waktu lama bersama bumbu hingga santan menjadi kental dan enak. Biasanya sayuran yang diolah dengan bumbu kalas seperti kacang panjang, bayam dan daun kacang. Namun ternyata daun blimbing juga sangat pas dimasak menjadi sayur kalas.

Daun belimbing biasanya diolah sebagai pelengkap sajian lawar yang telah menjadi menu favorit masyarakat kita. Ternyata dengan dibumbui kalas, daun belimbing juga memiliki cita rasa yang enak dan mantap.

“Biasanya menu daun belimbing bumbu kalas ini dimasak saat acara istimewa dan acara penting seperti resepsi pernikahan, upacara adat, serta acara special lainnya. Saat ini untuk mendapatkan daun belimbing sayur memang agak sulit sehingga tidak bisa disediakan setiap hari,” ungkap Dewi salah seorang pemilik jasa katering di jalan Sedap Malam Denpasar.

Karena jarang dijumpai inilah membuat sayur belimbing daun kalas dalam sajian acara penting menjadi istimewa. Biasanya pemesanan minimal antara Rp200 ribu untuk 100 orang, atau sesuai keperluan dan jumlah undangan.

Sayur daun belimbing bumbu kalas ini cocok disantap dengan berbagai menu lainnya seperti sate, telur balado, gerang asem atau lauk tradisional lainnya. “Dengan pengolahan yang tepat sayur daun blimbing bumbu kalas ini tidak akan berasa pahit, malah terkadang sayut ini justru di tambah dengan irisan pare yang sudah direbus terlebih dahulu,” tambah Dewi.

Untuk Anda yang ingin acara menjadi spesial dan istimewa bisa mencoba menu yang satu ini, pasti akan menjadi favorit bagi para undangan yang hadir sehingga acara menjadi istimewa. *ita

BAGIKAN