Kain Endek Makin Diminati Masyarakat

Seiring dengan dikeluarkannya SE Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali, permintaan kain dan pakaian endek mulai meningkat.

ENDEK - Berbagai pilihan pakaian endek yang ditawarkan salah satu butik di Denpasar.          

Denpasar (bisnisbali.com) –Seiring dengan dikeluarkannya SE Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali, permintaan kain dan pakaian endek mulai meningkat. Beragam warna dan motif pun ramai ditawarkan di pasaran.

Salah seorang pemilik butik pakaian endek di Denpasar, Mirah Krsnayanthi, Minggu (21/2) kemarin, mengatakan pilihan konsumen terhadap kain atau pakaian endek di tempatnya masih beragam. Tidak ada motif ataupun warna tertentu yang menjadi spesifikasi pilihan saat ini. “Pilihan masih beragam. Ada yang memang suka motif besar atau kecil. Demikian juga dari segi warna, pilihan masih beragam,” jelasnya.

Demikian diakuinya, tidak hanya pakaian jadi yang menjadi pilihan masyarakat, kain lembaran pun banyak permintaan. Untuk memberikan daya tarik yang lebih kepada masyarakat, Mirah mengaku memberikan potongan harga pada beberapa produk yang ditawarkan.

Dia mengakui, terjadi kenaikan permintaan setelah diberlakukannya SE Nomor 4 Tahun 2021 tersebut. Hal ini pun memberi harapan baginya di tengah sempat lesunya permintaan produk fashion pada pandemi Covid-19 ini.

Disinggung soal harga, Mirah menyebut, ditawarkan mulai Rp 200.000 per potong untuk kain. Sementara untuk pakaian jadi dimulai Rp 250.000 hingga Rp 400.000 per pcs. Pihaknya mengaku optimis ke depannya penjualan bisa lebih meningkat. “Semoga dengan dikeluarkannya kebijakan baru, penjualan kami ada peningkatan yang setelah sebelumnya turun drastis,” terangnya.

Sementara itu, pengusaha tekstil lainnya, Cokorda Istri Mirah, S.E.,MAP. mengatakan, saat ini permintaan konsumen condong kepada endek motif Gerinsing dengan warna merah kehitaman. Pihaknya menyediakan beragam motif dan warna. Demikian pula dari segi harga disediakan dari harga termurah hingga termahal. “Untuk tenun endek itu mulai Rp 100.000 per potongnya berupa bahan,” ungkapnya. *wid

BAGIKAN