Jelang Galungan, Penukaran Uang Pecahan Kecil Meningkat

TRANSAKSI perbankan jelang hari raya Galungan mengalami peningkatan. Peningkatan tidak hanya akibat nasabah menarik dananya untuk pembiayaan keperluan hari raya, tetapi juga transaksi lainnya seperti penukaran uang pecahan kecil.

TRANSAKSI - Jelang Galungan, transaksi di kantor BRI Cabang Tabanan mengalami lonjakan.

TRANSAKSI perbankan jelang hari raya Galungan mengalami peningkatan. Peningkatan tidak hanya akibat nasabah menarik dananya untuk pembiayaan keperluan hari raya, tetapi juga transaksi lainnya seperti penukaran uang pecahan kecil.

Di Kabupaten Tabanan, penukaran uang pecahan kecil mengalami peningkatan. Uang pecahan kecil yang banyak diburu masyarakat yakni nominal Rp 2.000 dan Rp 5.000. uang tersebut dimanfaatkan untuk sesari banten yang dihaturkan pada rangkaian hari raya nanti.

Pimpinan BRI Kantor Cabang Tabanan, Pranathan Triatmojo, Jumat (9/4) kemarin, mengungkapkan transaksi khususnya penarikan dana oleh nasabah untuk kebutuhan momen Galungan mengalami peningkatan hingga 60 persen sejak awal pekan lalu. Selain kebutuhan dana untuk Galungan, lonjakan transaksi terutama yang terjadi di awal pekan lalu disumbang oleh adanya libur panjang di hari sebelumnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan uang tunai Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar untuk memenuhi kebutuhan nasabah selama Galungan dan Kuningan. Kesiapan dana tersebut juga berlaku untuk kebutuhan dana tunai yang ditransaksikan nasabah pada mesin ATM yang ada di Tabanan. “Kami menjamin semua kebutuhan dana nasabah ini terpenuhi dengan baik, termasuk juga pada saat liburnya layanan langsung perbankan pada saat Galungan dengan melakukan transaksi penarikan dana di ATM,” tuturnya.

Ditambahkan Asisten Manager Operasional Bank BRI Kantor Cabang Tabanan, Komang Sri Budiasih, kesiapan dana tunai tersebut juga termasuk untuk melayani kebutuhan masyarakat yang melakukan penukaran uang dengan nominal pecahan kecil. Saat ini, penukaran uang dengan nominal pecahan kecil lebih ramai dari biasanya. Khusus di Kantor Cabang BRI Tabanan, rata-rata transaksi uang nominal pecahan kecil ini total mencapai Rp 6 juta sampai Rp 8 juta per hari dan saat ini sudah ditransaksikan sekitar 40 persen dari alokasi yang disiapkan.

Nominal yang paling banyak disasar adalah uang dengan nilai pecahan Rp 2.000 dan Rp 5.000.  Biasanya, uang dengan nilai pecahan kecil tersebut akan digunakan sebagai sesari pada banten yang dihaturkan saat Galungan. Hingga saat ini untuk penukaran uang pecahan kecil tersebut tidak dibatasi karena memang ketersediaannya mencukupi.

“Sebenarnya, di luar momen hari raya kesiapan uang dengan nominal pecahan kecil tetap disediakan. Tapi memang jumlah ketersediaannya lebih besar pada momen hari raya,” tandasnya. *man

BAGIKAN