Jalan Sehat Meriahkan HUT Ke-31 LPD Batuyang, Dirangkaikan dengan Laporan Tutup Buku 2019  

LPD Desa Adat Batuyang, Sukawati, Gianyar, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31, Minggu (26/1) yang diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama masyarakat.

LPD Desa Adat Batuyang, Sukawati, Gianyar, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31, Minggu (26/1) yang diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama masyarakat. Puncak perayaan yang dilakukan malam hari bertempat di Wantilan Desa Adat Batuyang ini juga diselipkan dengan agenda laporan pertanggungjawaban (LPJ) tutup buku tahun 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Gianyar, Ketua Badan Kerja Sama (BKS)  LPD Provinsi Bali dan Koordinator BKS-LPD Kabupaten Gianyar serta koordinator BKS-LPD masing-masing kecamatan se-Kabupaten Gianyar, perwakilan Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Bali, Camat Sukawati, kepala LPD se-Kecamatan Sukawati, rekanan LPD dan lainnya. Dalam acara tersebut, LPD Desa Adat Batuyang juga menggelar 2 kali penarikan undian hadiah, yaitu untuk kegiatan jalan sehat, serta penarikan undian berhadiah untuk tabungan, deposito serta kredit kategori lancar. Hadiah utama yang disediakan berupa 1 unit sepeda motor untuk doorprize jalan sehat serta 1 unit sepeda motor untuk penarikan undian tabungan, deposito serta kredit kategori lancar.

Kepala LPD Desa Adat Batuyang I Wayan Sucipta, dalam sambutannya memaparkan, hingga usia ke-31 ini, aset LPD Desa Adat Batuyang sudah mencapai Rp64,3 miliar. Adapun laba yang berhasil diraih pada 2019 mencapai Rp1,57 miliar. Dengan itu dana pembangunan yang mampu diserahkan kepada desa adat mencapai Rp314 juta.

Lebih lanjut disampaikan Sucipta, dana pihak ketiga (DPK)  yang mampu dihimpun LPD Desa Adat Batuyang yaitu Rp27,8 miliar berupa tabungan dan Rp24,9 miliar berupa deposito. Sementara kredit yang disalurkan mencapai Rp42,4 miliar. “Ke depannya, kami terus meminta petunjuk dan saran dari pembina terhadap pengelolaan LPD agar ke depannya makin meningkat dan makin sehat,” ungkap Sucipta.

Bendesa Asat Batuyang I Ketut Dana mengatakan, mewakili masyarakat Desa Adat Batuyang mengucapkan selamat HUT ke-31 kepada LPD Desa Adat Batuyang. Demikian juga dia mengucapkan terimakasih kepada LPD yang selama ini telah banyak membantu masyarakat serta Desa Adat Batuyang dalam berbagai hal.

Dipaparkannya, selain penyelenggaraan piodalan di Pura Kahyangan Tiga yang ditopang LPD Desa Adat Batuyang dengan anggaran Rp250 juta per tahun, pada tahun ini LPD Desa Adat Batuyang juga akan mendukung penyelenggaraan piodalan di masing-masing banjar dengan nominal Rp50.000 per KK sehingga jika dijumlahkan dengan jumlah KK total bantuan tersebut mencapai Rp97 juta per tahun. “Ditambah dana pembangunan Rp314 juta yang diserahkan tahun ini. Kalau kita total jumlah tersebut dan kita bagi dengan jumlah KK, masing-masing KK disubsidi oleh LPD sebesar Rp650.000 per tahun,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BKS-LPD Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si, dalam kesempatan tersebut menyatakan kagum dengan program-program LPD Desa Adat Batuyang yang disinergikan dengan desa adat. “Kita tentunya berharap LPD yang telah kita rintis ini terus menjadi kebanggaan masyarakat. Bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan LPD baik untuk menabung ataupun meminjam dana. Terlebih lagi dapat memanfaatkan LPD untuk kegiatan piodalan,” katanya. *wid

BAGIKAN