Jadi Pembicara  ’’Best Practice’’ Kota Layak Anak Antara Indonesia dan Iran, Rai Mantra Paparkan Upaya Tingkatkan Pendidikan, Kesehatan dan Keamanan  Anak

DALAM Forum Internasional Berbagi Praktik Baik Implementasi Kabupaten/Kota Layak Anak Antara Indonesia dan Iran,

DALAM Forum Internasional Berbagi Praktik Baik Implementasi Kabupaten/Kota Layak Anak Antara Indonesia dan Iran, Kota Denpasar merupakan salah satu  Kota Layak Anak Kategori Utama di Indonesia yang ditunjuk menjadi perwakilan Indonesia sebagai lokasi Berbagi Praktik Baik (Best Practice) Implementasi Kabupaten/Kota Layak Anak di Dharma Negara Alaya, Selasa (17/11).

Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra didaulat menjadi salah satu pembicara dalam Forum Internasional ini. Kegiatan ini juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, Vice President for Women and Familly Affairs Islamic Republic of Iran Mosoumeh Ebtekar dan Wakil  Gubernur Bali Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Wali Kota Rai Mantra menyampaikan klaster-klaster yang menjadi unggulan Kota Denpasar dalam mencapai Kabupaten/Kota Layak Anak. Klaster tersebut yaitu Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Pendidikan Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya serta Perlindungan Khusus. “Dengan pemberian pelayanan dan informasi yang tepat kepada masyarakat dan anak-anak, edukasi kepada masyarakat dalam pola asuh anak untuk mensejahterakan anak di dalam pendidikan, kesehatan serta keamanan anak dapat terealisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini  pada masa pandemi Covid-19, rencana strategis dalam pemenuhan hak anak yang dilakukan Pemeritah Kota Denpasar yaitu dengan memberikan bantuan kepada anak-anak dalam inovasi pembelajaran di rumah. “Pemerintah Kota Denpasar selalu menekankan orangtua agar selalu menjaga dan memberikan edukasi kepada anak-anak di masa pandemi Covid-19, sehingga saat ini kasus Covid-19 pada anak- anak di Kota Denpasar cukup rendah,” jelas Rai Mantra. *adv

BAGIKAN