Insan Kreatif Beralih ke Digital

Pandemi Covid-19 yang membuat terbatasnya gerak masyarakat menyebabkan beberapa aktivitas harus terhenti.

Denpasar (bisnisbali.com) –Pandemi Covid-19 yang membuat terbatasnya gerak masyarakat menyebabkan beberapa aktivitas harus terhenti. Namun, keberadaan tekonologi digital memberikan kesempatan bagi aktivitas tersebut khususnya pelaku seni dan ekonomi kreatif untuk tetap mampu berkarya yang mau tidak mau harus beralih ke digital.

Salah satunya dapat dilihat pada pelaksanaan Denpasar Festival (Denfest) Tahun 2020 yang digelar secara virtual. Penyediaan platform digital yang merangkul para seniman dan pelaku UMKM memberikan peluang untuk berkarya serta meraih omset di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Dezire Mulyani,  Jumat (8/1) kemarin, mengatakan Denfest yang digelar secara hybrid (offline to online) cukup efektif dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Denfest memberikan kesempatan para seniman tampil dan peluang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk yang dimiliki. “Mereka (pelaku seni dan UMKM) sangat antusias, karena di tengah pandemi sangat sulit berkarya atau memasarkan produknya,” ungkapnya.

Dikatakannya, dengan pemanfaatan platform digital, pemasaran produk UMKM cukup bergariah. Dari 1.225 UMKM yang mendaftar, transaksi yang dicapai selama tiga bulan terakhir mencapai Rp 3,6 miliar. Saat ini layanan platform digital yang merangkul UMKM di Kota Denpasar masih tetap berjalan, meski Denfest sudah ditutup.

Program ini akan terus berlanjut untuk membantu UMKM dalam memasarkan produknya. “Kami berharap nantinya terus ada penambahan, baik itu UMKM yang bergabung maupun pemasaran produk yang dilakukan,” imbuh Dezire Mulyani. *wid

BAGIKAN