Bappeda dan Litbang Gianyar Gelar Forum Konsultasi Publik

Dalam rangka menyamakan persepsi dan tindakan terkait penyusunan perencanaan pembangunan yang berkualitas baik dari segi materi,

LITBANG - Pemkab Gianyar melalui Bappeda dan Litbang menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD Semesta Berencana 2018-2023 dan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2021.

Gianyar (bisnisbali.com) –Dalam rangka menyamakan persepsi dan tindakan terkait penyusunan perencanaan pembangunan yang berkualitas baik dari segi materi, sinergitas, dan keselarasan, Pemkab Gianyar melalui Bappeda dan Litbang menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD Semesta Berencana 2018-2023 dan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2021 di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang Kabupaten Gianyar, Rabu (12/2).

Kegiatan dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gianyar, I Wayan Suradnya. Dihadiri pula Anggota DPRD Kabupaten Gianyar dan Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Gianyar.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Gianyar, Gede Widarma Suharta mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi sesuai ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. Dokumen RPJMD dan RKPD disusun sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan mengedepankan prinsip keselarasan dan sinkronisasi program di semua tingkatan yang disesuaikan dengan kondisi kebutuhan.

“Bappeda dan Litbang serta OPD di lingkungan Pemkab Gianyar perlu menyamakan persepsi dan tindakan terkait penyusunan perencanaan pembangunan yang berkualitas baik,” ucap Gede Widarma.

Lebih lanjut Gede Widarma menyampaikan, setelah kegiatan ini akan dilanjutkan dengan diadakannya musrenbang kabupaten di kecamatan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi ajang penajaman dan penyelarasan terhadap tujuan, sasaran, strategi dan isu strategis daerah yang diidentifikasikan berdasarkan permasalahan pembangunan yang telah dirumuskan.

Bupati Gianyar dalam sambutan yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gianyar,I Wayan Suradnya, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD Semesta Berencana 2018-2023 dan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2021 merupakan media untuk mendapatkan masukan yang konstruktif dari masyarakat berkaitan pembangunan daerah.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Memantapkan Kualitas SDM untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah Dalam Rangka Mengurangi Kemiskinan dan Pengangguran”.

Mengacu pada tema tersebut hal yang menjadi prioritas pembangunan dalam rancangan awal RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2021 yakni pada bidang pangan, sandang dan papan, pariwisata, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, pendidikan kesehatan, adat, agama, seni dan budaya, tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta infrastruktur dan lingkungan hidup.

Bupati Gianyar berharap dengan diadakannya forum konsultasi publik ini seluruh proses perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Gianyar dapat dilaksanakan dengan optimal sehingga terwujud peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gianyar dapat dicapai.*kup

BAGIKAN