Suwirta Inisiasi Empat Pra-koperasi Sekaligus

Memiliki pengalaman selama 27 tahun dalam menekuni dunia koperasi melatarbelakangi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada tahun ini akan mengkolaborasikan dunia koperasi dengan pemerintahan daerah.

KOPERASI - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membahas pembentukan empat koperasi di lingkungan OPD Pemkab Klungkung.

Semarapura (bisnisbali.com) –Memiliki pengalaman selama 27 tahun dalam menekuni dunia koperasi melatarbelakangi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada tahun ini akan mengkolaborasikan dunia koperasi dengan pemerintahan daerah. Gagasan pembentukan koperasi di beberapa OPD di lingkungan Pemkab Klungkung disampaikannya pada pertemuan yang bertempat di ruang kerja Bupati, Selasa (21/1).

Dalam pertemuan tersebut Suwirta menjelaskan, nantinya akan dibentuk empat koperasi, antara lain Koperasi Pengolahan Sampah, Koperasi Jasa Prawedding di Kali Unda, Koperasi Pengelolaan Kolam Pancing dan Rumah Makan, serta Koperasi Produksi Kain Tenun.

Pihaknya memilih koperasi karena pengalamannya yang sudah sangat matang menekuni dunia koperasi dan memperoleh banyak penghargaan. Selain itu koperasi mempunyai kekuatan yang berbadan hukum.

Untuk Koperasi Pengelolaan Sampah, Bupati Suwirta meminta nantinya koperasi tersebut menjadi pemasaran dari semua hasil pengolahan sampah itu sendiri. Salah satunya menjual kompos dan pelet yang mana hasil penjualan tersebut akan diberikan kepada anggota koperasi yaitu para pegawai kontrak yang mengolah sampah.

“Koperasi yang akan dibentuk ini tidak berbentuk simpan pinjam dan tidak mencari SHU, tetapi lebih fokus untuk menuntaskan sampah serta mensejahterahkan pegawainya,” ujar Suwirta.

Untuk Koperasi Jasa Prawedding di Kali Unda, koperasi ini akan menjadi wadah pengelolaan hasil pemasukan dari tirai air terjun Kali Unda yang dijadikan lokasi untuk prawedding. Bupati meminta agar ke depan pengelolaan laporan keuangan tersebut menjadi lebih tertata dan transparan.

Sementara untuk Koperasi Pengelolaan Kolam Pancing dan Rumah Makan akan bergerak di bidang kuliner, karena memanfaatkan kolam ikan dan kolam pancing yang ada di Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Klungkung. Untuk Koperasi Produksi Kain Tenun, semua perajin yang memproduksi kain tenun akan dibuatkan wadah di bawah naungan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan untuk memperkuat ciri khas hasil produksi kain tenun, sehingga produksi kain tenun ini menjadi tuan rumah di tanah sendiri.

“Saya serius untuk mengimplementasikan pengalaman saya dibidang koperasi untuk membuat beberapa koperasi. Semua koperasi yang dibentuk ini akan saya back-up, saya ingin menunjukkan diri bahwa saya lahir dari koperasi,” tegas Bupati asal Nusa Ceningan ini. *dar

BAGIKAN