Salurkan Kredit, LPD Tangkas Bina Hubungan Baik dengan Nasabah  

DALAM upaya menjaga hubungan baik dengan nasabah, tidak hanya memberi pelayanan terbaik yang menjadi prioritas LPD Desa Adat Tangkas, Klungkung,

LPD – Aktivitas layanan di LPD Desa Adat Tangkas.

DALAM upaya menjaga hubungan baik dengan nasabah, tidak hanya memberi pelayanan terbaik yang menjadi prioritas LPD Desa Adat Tangkas, Klungkung, namun pemberian reward kepada nasabah juga dilakukan terutama dalam penyaluran kredit.

Pemberian reward yang dimaksud adalah memberikan suku bunga lebih rendah terhadap nasabah yang memiliki penilaian baik dalam pembayaran angsuran.

Kepala LPD Desa Adat Tangkas, I Nyoman Sudarma, Rabu (15/1) mengatakan, pemberian reward ini biasanya berdasarkan negosiasi nasabah yang telah sering memanfaatkan LPD dalam kebutuhan kreditnya. “Dalam pemberian suku bunga yang lebih rendah tersebut, kami lihat karakter atau riwayat calon nasabah. Kalau memang tidak ada riwayat yang tidak baik dalam artian bertanggung jawab terhadap kreditnya, tepat waktu dalam pembayaran, ya kita berikan suku bunga lebih rendah,” ungkapnya.

Di samping riwayat calon nasabah, pihaknya juga akan melihat nominal plafon yang dipinjamkan untuk menentukan berapa besaran suku bunga yang diberikan.

Ia mengatakan, suku bunga yang diberikan di LPD Desa Adat Tangkas berkisar dari Rp1,5 persen hingga Rp2,5 persen menurun per bulannya. “Dari batas bawah dan batas atas itu kita analisis, berapa suku bunga yang harus kita berikan ke nasabah,” ujarnya.

Pemberian reward dengan memberikan suku bunga yang lebih rendah kepada nasabah yang sudah menjadi langganan di LPD Desa Adat Tangkas, menurut Sudarma, merupakan tujuan untuk membina hubungan baik.

Ia mengatakan, hal ini sangat penting dilakukan mengingat kepercayaan masyarakat sudah sangat tinggi kepada LPD. “Selain itu, di tengah persaingan yang begitu ketatnya dengan lembaga keuangan lain, tentu kita tidak mau kehilangan nasabah begitu saja. Jadi jika memang nasabah berhak mendapatkan suku bunga lebih rendah, kenapa tidak kita berikan,” ungkapnya.

Ia memaparkan, di LPD Desa Adat Tangkas memiliki berbagai program kredit, seperti kredit konsumtif, produktif dan kredit bunga harian yang diberikan kepada pedagang kecil. Tidak ada perbedaan suku bunga yang diberikan untuk ketiga jenis kredit tersebut, melainkan suku bunga akan ditentukan dari besaran plafon yang diberikan dengan mengambil angka pada interval kredit yang telah ditentukan yaitu 1,5-2,5 persen per bulannya. *wid

BAGIKAN