Produk UMKM Berbahan Madu Kele-kele makin Beragam

Jenis madu kele-kele (Bali) atau Trigona Sp sudah lama dikenal masyarakat di Bali.

PRODUK – Berbagai jenis produk UMKM yang terbuat dari madu kele-kele.  

Denpasar (bisnisbali.com) –Jenis madu kele-kele (Bali) atau Trigona Sp sudah lama dikenal masyarakat di Bali. Karenanya, belakangan madu kele-kele mulai banyak diolah menjadi produk khusus kecantikan dan kesehatan oleh UMKM di Bali.

Pemilik Taru Pramana, Nyoman Sridana, S.Kes.H., M.Si., mengatakan, banyak khasiat madu kele-kele bagi kesehatan karena memiliki jumlah propolis yang  lebih banyak dibandingkan lebah jenis lain. Hal tersebut membuat madu kele-kele sangat berkhasiat bagi kesehatan dan belakangan mulai diburu masyarakat.

“Belakangan banyak orang tertarik pada madu kele-lele termasuk pada produk turunan lainnya, seperti sabun, masker dan balsem. Karena pengaplikasian pada kulit secara langsung akan mampu membuat kulit menjadi sehat, lebih kenyal dan menghilangkan flek-flek hitam pada kulit,” kata Sridana, Senin (13/1) di rumah produksi Jalan Tukad Badung, Renon Denpasar.

Ia mengatakan, melihat tren pasar bahwa produk kosmetik berbahan baku madu sangat diminati, maka pihaknya juga memproduksi produk olahan dari madu kele-kele berupa sabun kecantikan Ahoma, masker Sari Ayu, dan Balsem Usada Bali.

“Untuk membuat produk tersebut kami juga menambah bahan baku herbal lainnya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi konsumen bisa mendapatkan produk dengan manfaat ganda tidak hanya dari madu kele-kele saja,” katanya.

Untuk membuat masker, ia menggunakan air mawar, daun pegagan, daun dapdap, kunyit, bangle, beras merah dan madu kele. Yang memiliki fungsi menyegarkan kulit, membuat kulit menjadi kenyal terbebas dari jamur dan menghilangkan kerutan serta flek hitam pada kulit.

Sementara sabun dibuat dari gliserin yang berfungsi menarik kelembaban, sehingga kulit menjadi tetap lembab dan tidak kering.  Daun sirih merupakan antibiotik alami sehingga kulit tidak terserang  jamur, abu agnihotra sebagai anti-ketombe dan vibrasi aura positif,  daun intaran untuk menangkal radikal bebas dan malem madu kele yang menutrisi kulit.

Balsem dibuat dengan mencampurkan jahe dan  cengkeh untuk menghangatkan, VCO dan malem kele untuk mengatasi nyeri sendi, menghangatkan tubuh dan melemaskan otot. *pur

BAGIKAN