Pertumbuhan Ekonomi Bali Tunjukkan Tren Membaik

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Bali menunjukkan tren yang baik.

Denpasar (bisnisbali.com) –Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Bali menunjukkan tren yang baik. Secara umum ekonomi Indonesia menunjukkan potensi menurun.

“Kita optimis pertumbuhan ekonomi di Bali akan menguat dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu pun tingkat inflasi di Bali akan tetap berada di bawah tingkat inflasi nasional,” terang Trisno saat bertemu Gubernur Bali Wayan Koster. Ketiadaan peristiwa besar seperti periode pemilu tahun lalu juga menjadi indikator stabilnya ekonomi di Bali. Gejolak saat pemilu berdampak besar bagi perekonomian.

Dengan demikian, sektor utama yang menyokong perekonomian Bali seperti pariwisata bisa lebih baik pertumbuhannya sehingga kondisi perekonomian akan mampu tumbuh dengan baik.

Namun, Nugroho tetap memberikan catatan kepada beberapa faktor yang bisa saja mempengaruhi tingkat inflasi tahun 2020. “Tantangan kita ke depan adalah naiknya iuran BPJS hingga naiknya cukai rokok yang kemungkinan juga bisa berpengaruh kepada inflasi,” ujarnya.

Selain itu, BI menurut Nugroho, juga sedang mengembangkan sebuah sistem dalam bentuk aplikasi yang mampu memberikan update terbaru harga-harga bahan pokok di beberapa pasar modern dan tradisional di Bali.

“Jadi secara online dapat diketahui berapa harga cabai, harga ayam, dan bahan lainnya di pasar-pasar. Kita bisa melihat update-nya setiap hari sekaligus melihat pula gejolak harga di pasar seperti apa,” pungkasnya. *pur

BAGIKAN