Wujud Kepedulian Kenang Jasa dan Dharma Bhakti Pahlawan, LVRI Bali Anugrahi Ida Cokorda Ngurah Gede Pemecutan X Penghargaan  

Sebagai wujud penghargaan sekaligus penghormatan kepada pahlawan kemerdekaan, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Bali,

12
Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara saat berfoto bersama keluarga besar Puri Agung Pemecutan, Ida Cokorde Pemecutan XI, Anggota DPD RI, angga Puri serangkaian penganugrahan penghargaan oleh LVRI Provinsi Bali kepada Ida Cokorda Ngurah Gede Pemecutan X di Puri Agung Pemecutan, Kamis lalu.

Denpasar (bisnisbali.com) –Sebagai wujud penghargaan sekaligus penghormatan kepada pahlawan kemerdekaan, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Bali, menganugerahkan penghargaan kepada Ida Cokorda Ngurah Gede Pemecutan X. Penghargaan diserahkan  langsung Ketua LVRI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Saputra ditandai dengan penyerahan SK dan piagam yang diterima ahli waris, Cokorda Ngurah Rai bersama Ida Cokorda Pemecutan XI serta keluarga besar Puri Pemecutan serangkaian Peringatan HUT ke-60 LVRI di Puri Agung Pemecutan Denpasar, Kamis (2/1).

Hadir dalam penganugerahan tersebut Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Panglingsir Puri se-Bali, Forkopimda Kota Denpasar, Ketua Cabang LVRI Kabupaten/kota se-Bali serta undangan lainnya.

Ketua LVRI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Saputra mengatakan bahwa penganugrahan penghargaan ini dilaksanakan guna mengenang jasa dan perjuangan beliau. Dimana, keberadaan Bali saat ini tak lepas dari perjuangan Ida Cokorda Ngurah Gede Pemecutan X.

“Penghargaan ini kami berikan kepada Ida Cokorda Ngurah Gede Pemecutan X atas jasa dan dharma bhaktinya dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI pada tahun 1945-1946,” paparnya.

Ida Cokorda Pemecutan XI,  dalam kesempatan tersebut mengaku berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada leluhur sekaligus orang tua kami. Tentunya hal ini menjadi motivasi bagi kami sebagai generasi penerus untuk senantiasa mendukung pembangunan sebagai bentuk nyata mengisi kemerdekaan.

“Perjuangan memang kita laksanakan bersama sejak dahulu, dan penghargaan ini merupakan motivasi bagi kami dan seluruh masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan mendukung pembangunan,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat sekaligus terima kasih kepada LVRI yang telah memberikan penghargaan bagi pahlawan asal Denpasar. Tentunya hal ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi serta wahana untuk menghargai jasa dan dharma bhakti pahlawan bangsa.

Jaya Negara,  menambahkan, sebagai generasi yang menikmati kemerdekaan, tentunya senantiasa harus berusaha untuk mengisi kemerdekaan itu. Berbagai hal dapat dilaksanakan sesuai dengan profesi masing-masing.

“Selamat atas dianugrahinya Ida Cokorda Ngurah Gede Pemecutan, dan tentunya hal ini wajib menjadi motivasi bagi generasi selanjutnya sebagai upaya mengisi kemerdekaan dan mendukung pembangunan,” ujar Jaya Negara.

Untuk diketahui bahwa Ida Cokorda Ngurah Gede Pemecutan X merupakan tokoh Puri yang ikut dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI di tahun 1945-1946. Kiprah beliau memang tidak diragukan lagi, bahkan sejak bayi pun telah merasakan Perang Puputan Badung. Berbagai perjuangan juga telah dilalui untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan RI, salah satunya adalah peristiawa heroik Serangan Umum Kota Denpasar. Sebelum akhirnya beliau wafat pada 17 Maret 1986. *wid

BAGIKAN