Fasilitasi Berbagai Kegiatan, LPD Pemogan Dukung Kesejahteraan Masyarakat  

MEMBERIKAN kesejahteraan masyarakat khususnya di desa adat menjadi tujuan dari keberadaan LPD, termasuk di LPD Desa Adat Pemogan,

11
LPD – Aktivitas layanan di LPD Desa Adat Pemogan.

MEMBERIKAN kesejahteraan masyarakat khususnya di desa adat menjadi tujuan dari keberadaan LPD, termasuk di LPD Desa Adat Pemogan, Denpasar yang berupaya memberikan kesejahteraan untuk masyarakat dengan memfasilitasi berbagai kegiatan yang meringankan beban masyarakat.

Kepala LPD Desa Adat Pemogan, I Wayan Mendra, belum lama ini mengatakan, selain dana pembangunan yang merupakan 20 persen dari laba rutin diserahkan ke desa adat setiap tahunnya, LPD Desa Adat Pemogan juga mendukung kegiatan lainnya. Seperti upacara nyekah (atiwa-tiwa) serta metatah massal yang digelar setiap 4 tahun sekali. Program ini dikatakannya telah berjalan pada tahun 2017 lalu, yang menggratiskan biaya bagi masyarakat untuk mengikutinya.

Demikian juga dalam pelaksanaan piodalan di Pura Kahyangan Tiga, LPD Desa Adat Pemogan juga rutin memberikan dana punia Rp1 juta per pura. “Ditambah penyediaan konsumsi jika ada acara tari-tarian dalam rangkaian piodalan yang dilaksanakan,” ujarnya.

Untuk memberikan apresiasi kepada pemangku khususnya Pemangku Kahyangan Tiga, LPD Desa Adat Pemogan memberikan insentif yang setiap tahun dianggarkan Rp30 juta. Di samping itu, program rutin lainnya yang dimiliki LPD Desa Adat Pemogan yaitu memberikan santunan dana duka kepada anggota masyarakat yang meninggal. Besaran santunan yang diberikan mencapai Rp1 juta per krama (masyarakat adat). Pemberian karangan bunga dikatakannya melengkapi penyerahan santunan kematian kepada masyarakat.

Yang lebih menarik, untuk menarik minat masyarakat untuk menabung, LPD Desa Adat Pemogan memberikan manfaat langsung kepada nasabah. Manfaat diberikan berupa pemberian kupon atau parsel jelang hari raya umat Hindu di Bali, seperti hari raya Galungan dan Kuningan.

Mendra mengatakan, LPD merupakan milik masyarakat yang tentunya harus mampu memberikan manfaat kepada masyarakat. Ia berharap masyarakat makin sadar dan antusias untuk memanfaatkan keberadaan LPD baik dalam hal menyimpan ataupun meminjam dana, sehingga keberadaan LPD Desa Adat Pemogan kian berkembang. *wid

BAGIKAN