Wabup Suiasa Hadiri Upacara Ngeratep Tapakan Pura Desa Sedang  

Bertepatan dengan Tumpek Landep, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, menghadiri Upacara Ngeratep, Pemelaspas, Pasupati Pelawatan Ida Bhatata Ratu Mas, Ratu Ayu, Ratu Niang lan Ratu Ngurah Lingsir di Pura Desa, Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (21/12).

NGERATEP - Wabup Suiasa disaat menghadiri Upacara Ngeratep Pelawatan Ida Bhatata di Pura Desa, Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (21/12).

Mangupura (bisnisbali.com) –Bertepatan dengan Tumpek Landep, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, menghadiri Upacara Ngeratep, Pemelaspas, Pasupati Pelawatan Ida Bhatata Ratu Mas, Ratu Ayu, Ratu Niang lan Ratu Ngurah Lingsir di Pura Desa, Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (21/12). Pada kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyerahkan bantuan dana upakara Rp 700 juta. Rangkaian upacara dipuput Ida Pedanda Griya Tegeh Angantaka.

Menurut Wabup Suiasa, kehadirannya selaku pemerintah di Pura Desa Sedang untuk menyaksikan sekaligus ikut mendoakan (ngrastiti) agar karya yang dilaksanakan berjalan baik dengan harapan Ida Bhatara khususnya yang disucikan memberikan tuntunan, keselamatan dan kesejahteraan bagi krama penyungsung dalam melaksanakan swadharmanya di kehidupan ini. Suiasa juga berharap kepada krama Desa Adat Sedang agar selalu bersatu sehingga apapun yang direncanakan, pembangunan yang dilaksanakan tentu akan dapat diselesaikan dengan baik pula. Dengan bersatu, pemerintah daerah akan senantiasa mendukung segala pembangunan baik fisik maupun pengembangan sumber daya manusia demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Sedang khususnya dan Badung pada umumnya.

Bendesa Adat Sedang I Made Bujastra selaku Manggala Karya didampingi Kelian Pura I Gusti Agung Darmawan menjelaskan, rencana memperbaiki (ngodak) Tapakan Ida Bhatara di Pura Desa Sedang telah dilakukan sejak setahun yang lalu. Ngodak Ida Bhatara dimulai 13 Oktober lalu dengan upacara ngetus prerai, selanjutnya diperbaiki oleh Sangging, Cok. Tisnu dari Singapadu. “Atas dukungan Pemerintah Kabupaten Badung, tahun ini Pelawatan Ida Bhatara sudah selesai diperbaiki,” terangnya.

Lebih lanjut Bujastra mengatakan mengenai dudonan upacara ngeratep lan melaspas, pada Minggu (22/12) akan dilaksanakan upacara melasti ke segara, selama tiga hari ke depan dilaksanakan upacara penganyaran. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari krama Desa Adat Sedang serta krama Desa Adat Kutri, Kekeran dan Sigaran Mekar Buana sehingga perbaikan (ngodak) Tapakan Ida Bhatara dapat berjalan baik sesuai harapan bersama.

Selain Wakil Bupati, upacara tersebut juga dihadiri Sekcam. Abiansemal, Kapolsek Abiansemal, Danramil Abiansemal, Perbekel Sedang I Gede Putu Natih, Bendesa Kekeran, Sigaran dan Kutri. *adv

BAGIKAN