Ikan tilapia dapat dikreasikan pada beberapa jenis makanan, salah satunya burger.

Denpasar (bisnisbali.com) –Mungkin tidak banyak yang mengenal ikan tilapia, karena jenis ikan ini hanya berkembang di beberapa daerah. Meski demikian, ikan ini memiliki banyak kandungan gizi sehingga sangat baik bagi tubuh terutama anak-anak.

Dalam beberapa sumber disebutkan ikan tilapia termasuk spesies ikan air tawar, umumnya hidup di aliran sungai dangkal dan danau. “Ikan tilapia mengandung protein tinggi, omega 3 dan 6, vitamin D, vitamin B12, niasin (B-3), vitamin B6, dan asam pantotenat (Vitamin B-5),” ujar Senior Marketing Manager Regal Springs Indonesia, Ratna Yudythia pada acara berkonsep Trend Bisnis Kuliner 2020 di salah satu supermarket di Denpasar, Kamis (19/12).

Dikatakan, sejak Juni 2019 Regal Springs Indonesia juga memproduksi produk menggunakan bahan baku ikan tilapia, yaitu Naturally Better Tilapia. Kini sudah menjangkau lebih dari 1.000 gerai pasar modern di kota-kota besar di Indonesia termasuk Denpasar. “Penerimaan konsumen di Bali sangat menggembirakan terutama untuk  konsumen kalangan perhotelan karena produk ini dibuat secara alami dan berkualitas tinggi,” kata Ratna.

Ikan tilapia yang digunakan merupakan hasil budidaya di danau-danau di  Jawa Tengah dan Toba tanpa menggunakan antibiotika, hormon maupun bahan kimia. Pengolahannya dilakukan di pabrik pengolahan di Semarang dan Serdang Bedagai tanpa bahan pengawet. Hasilnya adalah ikan tilapia yang alami dan sehat, kaya nutrisi protein namun rendah kandungan lemak.

Selama lebih dari 30 tahun pemasaran produk ikan tilapia ini dilakukan ke Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Australia dan Asia. Kini pihaknya terus memperluas jangkauan pemasaran di dalam negeri. “Selain karena permintaan pasar, pemasaran dalam negeri juga maksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan dengan penyediaan pangan kaya protein untuk mencegah stunting melalui program gemar makan ikan,” jelas Ratna.

Kegiatan ini juga dimeriahkan lomba membuat olahan ikan tilapia yang dikreasikan dengan keunikan lokal Bali, salah satunya tercipta burger kreasi sambal matah.

Ditambahkannya, Regal Springs Indonesia meluncurkan program keberlanjutan “Kami Peduli” yang merupakan program keberlanjutan terintegrasi penuh pertama di dunia untuk industri perikanan budidaya dan tilapia, serta dikaitkan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. *dar

BAGIKAN